PAREKRAF

Indonesia Jadi Presidensi G20 2022, 4 Kota Ini Ditunjuk Menjadi Lokasi Side Event

Kompas.com - 30/03/2022, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Dalam upaya mendukung pelaksanaan forum Group of Twenty (G20) hingga Oktober 2022, beberapa daerah di Indonesia siap menggelar side event.

Penyelenggaraan side event G20 tersebutmenjadi salah satu langkah untuk menonjolkan citra positif sekaligus mempromosikan keragaman budaya dan pariwisata yang dimiliki Indonesia.

Dengan kata lain, diselenggarakannya side event G20 di berbagai daerah dapat sekaligus mengenalkan Indonesia pada mancanegara. Harapannya, pelaksanaan side event menjadi momen “Pulih Bersama” dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal di daerah tersebut.

Hal tersebut sejalan dengan tema G20, yakni “Recover Together, Recover Stronger”.
Adapun empat kota di Indonesia berikut ditunjuk sebagai lokasi digelarnya side event G20. Simak ulasannya.

Bali

Lokasi pertama side event G20 ada di Pulau Dewata, Bali. Ada dua side event G20 yang digelar di sini. Pertama, Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Conference pada 21-24 Juni 2022 yang mengusung tema Unlocking Social Investment Opportunities in Indonesia and Beyond Proposed Engagement for 2022: The Asian Decade.

Selanjutnya, World Conference On Creative Economy (WCCE) 2022 yang diselenggarakan pada 1-7 Oktober 2022.

WCCE di Bali mengangkat tema Inclusively Creative: A Global Recovery yang bertujuan untuk menguatkan geliat isu ekonomi kreatif guna memulihkan ekonomi global.

Labuan Bajo

Daerah lokasi side event G20 2022 berikutnya adalah Labuan Bajo. Salah satu lokasi side event G20 di Labuan Bajo adalah Creative Hub Puncak Waringin, Kabupaten Manggarai Barat.

Puncak Waringin menjadi simbol pusat kolaborasi dan bertukar informasi bagi para pelaku ekonomi kreatif sekaligus menciptakan multiplier effect untuk membangun ekosistem kreatif.
Puncak Waringin diharapkan dapat menjadi leading sector, meningkatkan perekonomian, sekaligus membuka lapangan kerja.

Labuan Bajo tampak dari udara.SHUTTERSTOCK/Harry Hermanan Labuan Bajo tampak dari udara.

Labuan Bajo juga akan mengadakan festival dalam rangkaian side event G20. Beberapa di antaranya adalah Flores the Singing Island, Flores Writers Festival, serta Ideathon #RinduLabuanBajo.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.