Kompas.com - 31/03/2022, 09:04 WIB

UNGARAN, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus berupaya mendatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif I Gusti Ayu Dewi Hendriyani mengatakan, salah satu langkah yang dilakukan termasuk menggelar perhelatan-perhelatan berkualitas yang mampu menarik wisatawan mancanegara.

"Tapi tentu, event yang dilaksanakan tetap memerhatikan protokol kesehatan karena saat ini masih masa pandemi Covid-19," jelasnya dalam diskusi Kesiapan Sektor Parekraf Dalam Negeri Hadapi Pembukaan Border Wisatawan Mancanegara di Kampoeng Kopi Banaran, Rabu (30/03/2022).

Baca juga:

Dewi mengungkapkan, pelaksanaan MotoGP Mandalika, misalnya, menjadi salah satu momentum kebangkitan ekonomi sektor pariwisata dan bidang kreatif. Pemberitaan positif di dunia pariwisata juga berkontribusi terhadap tujuan tersebut.

Selain itu, Dewi juga menyebut bahwa kebijakan penerapan visa on arrival untuk 42 negara juga akan terus dievaluasi.

"Kebijakan tersebut tentunya harus menunggu lintas kementerian. Tidak menutup kemungkinan itu akan ditambah lagi seiring turunnya kasus Covid," ungkap Dewi.

Ilustrasi wisatawan AncolDOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi wisatawan Ancol

Menanti kunjungan wisata terus naik

Dewi memaparkan, saat ini pergerakan wisatawan mancanegara sudah cukup baik. Ia mengaku optimistis target kunjungan wisatawan mancanegara yakni 1,6 juta hingga 3,6 juta orang akan tercapai pada 2022.

"Untuk wisatawan domestik, juga kami minta berwisata di Indonesia saja. Karenanya, kita menggarap wisata yang berkelanjutan," jelas Ayu Dewi.

Baca juga:

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menyampaikan, sejak pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara mengalami penurunan. Namun, hal itu akan terus berupaya untuk ditingkatkan.

"Kami akan menggenjot lagi kedatangan wisatawan mancanegara tersebut dengan event-event. Di antaranya (yang) kami maksimalkan adalah paralayang dan gantole, kemudian Festival Bukit Cinta, Festival Gedongsongo," paparnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.