Kompas.com - 31/03/2022, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mempersiapkan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu lokasi side event menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022.

Sebagai ifnromasi, Creative Hub Puncak Waringin di Kabupaten Manggarai Barat menjadi salah satu lokasi side event G20.

Dipilihnya Creative Hub Puncak Waringin sebagai lokasi side event G20 bukan tanpa alasan. Sesuai tema G20 yang diangkat, yakni “Recover Together, Recover Stronger”, Puncak Waringin menjadi simbol pusat kolaborasi dan sarana bertukar informasi antara pelaku ekonomi kreatif sekaligus mendorong multiplier effect ke sektor lainnya.

Dibangun di atas lahan seluas 1.700 meter persegi, Creative Hub Puncak Waringin terdiri dari dua bangunan utama. Pertama adalah Rumah Tenun dan kedua adalah Rumah Souvenir.

Bangunan Rumah Tenun terdiri dari area kios kuliner, pameran, dan berbagai workshop subsektor kriya. Sementara itu, Rumah Souvenir merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari ruang pameran sekaligus menjual cendera mata karya pelaku ekonomi kreatif (ekraf) lokal.

Adanya Creative Hub Puncak Waringin sebagai lokasi side event G20 diharapkan menjadi stimulus sekaligus wadah mendukung para pelaku ekraf di Labuan Bajo.

Creative Hub Puncak Waringin juga diharapkan dapat dipenuhi berbagai produk ekraf lokal berkualitas dan berdaya saing menyambut side event G20.

Dengan begitu, laju ekonomi di Puncak Waringin tumbuh menjadi lebih baik dan dapat menciptakan peluang usaha berkelanjutan bagi seluruh pelaku ekonomi kreatif dan mengoptimalkan potensi pariwisata yang autentik.

Kesiapan menyambut G20

Demi lancarnya seluruh side event G20, kesiapan pelaku ekraf di Creative Hub Puncak Waringin semakin ditingkatkan. Berbagai sarana dan prasarana di Labuan Bajo, khususnya Puncak Waringin, terus dibenahi agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman.

Salah satunya adalah penataan interior Creative Hub di Puncak Waringin. Tempat ini akan menampilkan nilai kreativitas, estetika, serta kearifan lokal khas masyarakat Manggarai.

Penampakan Puncak Waringin di Labuan Bajo.wonderfulimage Penampakan Puncak Waringin di Labuan Bajo.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.