Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Mudik Lebaran Mulai Dijual, Ini KA dan Tanggal Favorit Masyarakat

Kompas.com - 31/03/2022, 23:06 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan resmi mengumumkan bahwa tiket Kereta Api (KA) mudik Lebaran sudah bisa dipesan oleh masyarakat. 

Mulai per 1 April 2022, tiket KA pada masa Angkutan Lebaran 1443 Hijriah sudah bisa dipesan H-45 sebelum keberangkatan penumpang.

Alasan tiket kereta bisa dipesan lebih cepat daripada sebelumnya di H-30 adalah agar masyarakat bisa mempersiapkan keberangkatan dengan baik. 

Baca juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Bisa Dipesan, 15 Persen Sudah Terjual

Jadi, calon penumpang kereta bisa mulai memesan tiket mulai 1 April sampai 2 Mei 2022 dan seterusnya. 

KA dan tanggal paling banyak dipilih masyarakat

Diketahui bahwa KA yang paling banyak dipilih oleh masyarakat dalam periode ini adalah KA Airlangga jurusan Pasar Senen-Surabaya Pasarturi PP (Pulang Pergi) dan KA Bengawan jurusan Pasar Senen-Purwosari PP.

Kemudian, ada KA Gaya Baru Malam Selatan jurusan Pasar Senen-Surabaya Gubeng PP dan Taksaka jurusan Gambir-Yogyakarta PP.

Untuk tanggal keberangkatan favorit pada mudik Lebaran kali ini adalah 30 April, 29 April, dan 28 April 2022. 

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Ilustrasi Kereta Api.

Menurut Vice President Public Relation KAI, Joni Martinus tiket kereta yang disiapkan untuk dijual  kereta masih cukup banyak untuk masyarakat di mudik Lebaran 2022 ini.  

"Tiket KA pada masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," kata Joni melalui press rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (31/3/2022).

Baca juga: PT KAI Tawarkan Diskon Tiket Kereta Api hingga 60 Persen dan Flash Sale

Seperti biasa Kai sudah melakukan banyak persiapan dalam menghadapi Angkutan Lebaran tahun ini, baik dari segi sarana, prasarana, hingga sumber daya manusianya. 

Kegiatan inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum atau Ramp Check di seluruh wilayah operasi KA juga sudah dilakukan oleh KAI dengan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan stakeholder lainnya. 

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Tanpa Tes Antigen dan PCR, Jarak Jauh dan Lokal

Lebih lanjut, para petugas KAI juga akan terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta di mudik Lebaran kali ini. 

Protokol kesehatan di kereta api

Lantaran masa pendemi Covid-19 belum berakhir, KAI akan tetap menerapkan protocol kesehatan (prokes) sesuai peraturan dari pemerintahan.

Ilustrasi Kereta Api.KOMPAS.com/DANDY BAYU BRAMASTA Ilustrasi Kereta Api.

Nantinya saat memasuki stasiun, penumpang akan dicek suhu tubuh dan hand sanitizer juga selalu disediakan oleh pihak KAI. 

Pada bagian kereta yang dianggap sering terkena setuhan penumpang juga akan rutin dibersihkan dan disinfektan secara berkala oleh petugas. 

Dalam menjaga kesehatan masyarakat luas, KAI secara konsisten akan terus mengingatkan penumpang untuk mentaati prokes yang berlaku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com