Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab dan BTNK Akan Tindak Turis yang Bakar Petasan di Pulau Kalong

Kompas.com - 01/04/2022, 17:30 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamis (31/3/2022) malam, beredar video yang merekam wisatawan menyalakan petasan di sebuah kapal saat melewati Pulau Kalong, kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Video tersebut memperlihatkan petasan yang meletup berulang kali dari sebuah kapal, meski sejumlah orang telah berteriak untuk memperingatkan pelaku. Adapun peristiwa tersebut terjadi pada Kamis sore. 

Menanggapi hal ini, Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) pun turun tangan, bersama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat.

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com, Jumat (1/4/2022), setelah mendapat informasi tersebut, Kepala BTNK Lukita Awang langsung mengecek ke lokasi kejadian. Namun, setibanya di lokasi, kapal yang membawa pelaku sudah tidak ada.

Baca juga:

Senja di Pulau Kalong, Labuan Bajo
Dok. LABUANBAJOFLORES.id Senja di Pulau Kalong, Labuan Bajo

Meski begitu, Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina mengatakan bahwa pihaknya telah memanggil sejumlah oknum yang terlibat untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Kita lagi panggil pelaku usaha, guide (pemandu), pemilik kapal dan wisatawan untuk dimintai keterangan," tutur Shana saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

Shana juga menjelaskan, saat ini Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat bersama Dinas Pariwisata, BTNK, dan Syahbandar sedang berkoordinasi terkait penetapan sanksi.

"Karena ini peraturan di kawasan TNK tentunya akan ada sanksi. Bentuknya sedang kita godok agar mendidik dan mencegah terjadi hal serupa ke depan," ujarnya. 

Untuk diketahui, berdasarkan salah syarat berwisata di kawasan Taman Nasional Komodo, pengunjung dilarang menyalakan api di seluruh kawasan tersebut. 

Baca juga: Sabana di Pulau Komodo NTT Terbakar, Fasilitas Wisata dan Komodo Aman

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com