Kompas.com - 01/04/2022, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Umat Islam tengah menyambut kedatangan bulan Ramadhan 2022 yang bertepatan dengan 1443 Hijriah. Pada bulan suci ini, umat muslim menjalankan puasa, shalat tarawih, dan beberapa ibadah lainnya.

Berbagai persiapan dilakukan umat Islam menjelang Ramadhan 2022. Salah satunya adalah memberikan ucapan puasa Ramadhan 2022 kepada sanak saudara dan teman.

Makna ucapan menyambut Ramadhan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan, ucapan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan memiliki makna istimewa.

Hal ini meripakan momentum yang tepat untuk meningkatkan rasa persaudaraan sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah) serta sesama bangsa (ukhuwah wathaniyah).

“Ucapan ini lebih bermakna jika diiringi dengan saling maaf memaafkan antara keluarga, sahabat, dan seluruh anak bangsa,” kata dia kepada Kompas.com Jumat (1/4/2022).

Baca juga: 20 Ucapan Sambut Bulan Ramadhan 1443 H untuk Keluarga dan Teman

Baca juga: 9 Negara dengan Durasi Puasa Ramadhan Terpanjang di Dunia

Ia menuturkan bahwa sebaiknya ucapan selamat puasa Ramadhan disampaikan secara singkat, tetapi penuh makna. Sementara itu, waktu yang tepat untuk memberikan ucapan tersebut adalah menjelang Ramadhan.

Ia mencontohkan ucapan selamat puasa Ramadhan 2022, yakni Marhaban ya Ramadhan. Ucapan tersebut singkat namun penuh makna menyambut kedatangan Ramadhan.

“Artinya, selamat datang bulan Ramadhan,” jelasnya.

Adapun untuk menentukan awal Ramadhan 1443 H, Kementerian Agama (Kemenag) melakukan sidang pada Jumat (1/4/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Sejarah Dandangan, Tabuh Bedug Jelang Ramadhan Warisan Sunan Kudus

Baca juga: Mohibadaa, Cara Perempuan Gorontalo Jaga Kecantikan Selama Ramadhan

Baca juga: Kuramasan, Ritual Sucikan Diri Jelang Ramadhan Kampung Adat Miduana di Cianjur

Sidang Isbat juga akan melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), MUI, dan undangan lainnya.

Ucapan selamat puasa Ramadhan tahun 2022

Berikut adalah 25 contoh ucapan menyambut Ramadhan 2022 seperti disampaikan oleh Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, situs Nahdlatul Ulama (NU), Kompas.com, dan Tribunnews:

1. Marhaban ya Ramadhan 1443 Hijriah, yang berarti selamat datang bulan Ramadhan 1443 Hijriah

2. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H, semoga kita semua menjadi hamba yang bertakwa

3. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H yang penuh barokah

4. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin

5. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah puasa kita mendapat ridho dari Allah SWT dengan meraih ketakwaan kita kepada Allah SWT

Ilustrasi Ramadhan.Shutterstock Ilustrasi Ramadhan.

6. Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1443 H

7. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1443 H. Semoga puasa tahun ini menjadi lebih baik dari puasa-puasa sebelumnya

8. Selamat menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 1433 H. Mari saling memaafkan, menyucikan hati, dan menjaga persatuan

9. Selamat menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1433 H. Semoga dosa-dosa kita diampuni Allah SWT di bulan penuh rahmat ini

10. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1433 H. Semoga puasa tahun ini menjadi momen bagi kita untuk menjadi hamba yang lebih baik

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.