Kompas.com - 02/04/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Museum Nasional di Jakarta baru saja meluncurkan Ruang ImersifA, Kamis (31/3/2022), instalasi pameran video mapping.

Sesuai dengan namanya, Ruang ImersifA memanfaatkan teknologi imersif untuk menciptakan interaksi dengan pengunjung.

Nantinya setelah dibuka untuk masyarakat umum, kapasitas kunjungan ke Ruang ImersifA adalah 30 orang per sesi.

Baca juga:

Lantas, apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di instalasi baru ImersifA? Berikut alternatifnya, berdasarkan pengalaman Kompas.com saat berkunjung.

1. Menikmati tayangan audio visual interaktif

Dalam satu ruangan berukuran 12 x 21 meter, pengunjung dapat melihat video animasi yang menceritakan sejarah perjalanan Nusantara.

Tayangan yang berdurasi selama 30 menit ini diproyeksikan dengan kurang lebih 20 proyektor dari Panasonic yang menciptakan sudut 360 derajat.

Suasana Instalasi ImersifA, Ruang Baru Imajinasi di Museum Nasional, Kamis (31/3/2022).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana Instalasi ImersifA, Ruang Baru Imajinasi di Museum Nasional, Kamis (31/3/2022).

Oleh karena itu, baik pada dinding maupun lantai ada karakter bergerak yang membuat pengunjung seolah merasa berada dalam cerita tersebut.

Tak hanya dimanjakan secara visual, tayangan ImersifA dilengkapi efek suara maupun musik yang mendukung suasana. Pancaran kilauan sinar dan tampilan visualisasi yang menarik ini diketahui digarap sekelompok tim seniman asli Indonesia.

2. Membuat konten dengan latar estetik

Tak hanya memanjakan mata dan telinga, ruangan instalasi ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat berfoto.

Dengan pencahayaan gelap, animasi yang kaya akan warna ini menjadi perpaduan yang kontras dan indah bila ditangkap kamera.

Suasana instalasi ImersifA di Museum Nasional, Kamis (31/3/2022)KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Suasana instalasi ImersifA di Museum Nasional, Kamis (31/3/2022)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.