Kompas.com - 02/04/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com – Kematian adalah satu hal yang tidak bisa dihandari setiap manusia dan bisa terjadi di mana pun serta kapan pun. 

Misalnya saja saat naik pesawat, terkadang mungkin kita bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika ada salah satu penumpang yang meninggal dalam sebuah penerbangan. 

Bagaimana awak kabin atau pramugari akan menangani jenazah tersebut, apakah akan disendirikan atau didiamkan, semua itu masih belum banyak diketahui orang-orang. 

Sebenarnya kematian di dalam sebuah pesawat saat penerbangan cukup sering terjadi dan ada pedoman tertentu yang harus diikuti oleh para awak kabin yang bertugas. 

Baca juga: Penumpang Dilarang ke Toilet Saat Baru Masuk Pesawat, Ini Sebabnya

Biasanya jika memang ada tanda-tanda penumpang yang sakit, awak kabin akan memberikan perawatan medis darurat kepada penumpang tersebut, dikutip dari The Sun, Sabtu (2/3/2022). 

Kita semua tahu bahwa ruangan di pesawat sangatlah sempit dan akan sangat sulit jika ingin melakukan perawatan medis secara diam-diam. 

Apalagi saat memberikan pertolongan pertama seperti CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation yang kerap dilakukan di lorong pesawat atau dapur. 

Ada sebuah kejadian di British Airways, saat penumpang yang sedang kesusahan diberikan CPR, penumpang lainnya yang ada didekatnya merasa mendapatkan sebuah pengalaman yang sulit. 

Baca juga: Kode Rahasia Pramugari Jika Naksir Penumpang Pesawat, Ini Contohnya

Kemudian ada, seorang juru bicara dari maskapai Ryanair yang mengungkapkan kepada Sun Online bahwa maskapai selalu siap memberikan pertolongan pertama kepada penumpang yang sakit. 

"Semua pesawat Ryanair membawa peralatan pertolongan pertama, sepenuhnya sesuai dengan peraturan keselamatan UE, dan semua awak dilatih dalam prosedur pertolongan pertama, termasuk defibrillator, yang dibawa ke dalam pesawat,” jelas juru bicara tersebut. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.