Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Bepergian Jauh Saat Puasa agar Perjalanan Lancar 

Kompas.com - 02/04/2022, 20:04 WIB
Ulfa Arieza ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umat Islam tengah menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan 2022, yang bertepatan dengan 1443 Hijriah. Selama puasa, para muslim cenderung mengurangi aktivitasnya guna menjaga stamina tubuh. 

Namun demikian, ada masyarakat yang harus bepergian jauh pada periode ini. Bepergian jarak jauh kala puasa tentunya berbeda dengan pada hari-hari biasa, karena energi berkurang akibat tidak makan dan minum. 

Tapi, jangan khawatir karena ada sejumlah tips bepergian jarak jauh saat puasa. Tips ini dapat dicoba oleh masyarakat, sehingga perjalanan tetap lancar dan stamina tubuh tetap terjaga.

Baca juga:

1.  Persiapan diri 

Head Of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani, mengatakan bahwa hal utama yang harus dilakukan sebelum bepergian jarak jauh saat puasa adalah menyiapkan diri. 

Persiapan tersebut bertujuan agar tubuh kita siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh, yang meliputi makan sahur dan istirahat cukup. 

“Misalnya, saat sahur kita konsumsi makanan cukup. Kemudian, istirahat harus cukup supaya tidak kelelahan saat berkendara,” terangnya kepada Kompas.com, Sabtu (2/4/2022). 

2. Sahur dengan sayur dan buah 

Ilustrasi varian buah dan sayur.Unsplash/Anna Pelzer Ilustrasi varian buah dan sayur.

Dihubungi terpisah, Ahli Gizi Masyarakat Dr. dr. Tan Shot Yen, M. Hum, menuturkan hal serupa. Menurutnya, seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh saat puasa wajib sahur dengan hidangan bergizi lengkap, khususnya sayur dan buah. 

Alasannya, sayur dan buah membantu seseorang menghindari lapar sebelum pertengahan hari. 

“Sebab, serat memberi rasa kenyang lebih lama dan kandungan fruktosa buah jauh lebih aman, ketimbang gula tambahan dalam makanan dan minuman,” terangnya. 

Selain itu, mereka wajib memastikan kecukupan air minum untuk menghindari dehidrasi tubuh.

Baca juga: 9 Negara dengan Durasi Puasa Ramadhan Terpanjang di Dunia

3. Cari waktu yang tepat

Suasana kemacetan yang terjadi di jalan Bouraq pada Senin (21/2/2022) karena jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, menerapkan sistem satu arah. KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana kemacetan yang terjadi di jalan Bouraq pada Senin (21/2/2022) karena jalan Daan Mogot, Kota Tangerang, menerapkan sistem satu arah.

Agus mengimbau pengendara jarak jauh untuk menghindari bepergian pada pertengahan hari ketika puasa. Pasalnya, terik matahari menyebabkan dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan. 

“Usahakan jangan berkendara saat siang hari bolong, karena cuaca panas sekali. Ketika panas itu otomatis tubuh kita jadi dehidrasi, kekurangan cairan ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lelah,” ujarnya.

Sebaliknya, ia menyarankan pengendara memilih perjalanan saat sore menjelang senja. Namun, pengendara juga harus memperhitungkan lama perjalanan. 

Jika perjalanan terpaksa melewati pertengahan hari, maka upayakan untuk beristirahat di tempat teduh saat matahari sedang terik. 

Baca juga: 10 Tempat Bukber Instagramable di Malang, Ada Paket Buka Puasa dan Gratis Takjil

4. Perlengkapan berkendara aman dan nyaman 

Ilustrasi riding gear (jaket motor)Dok. DAM Ilustrasi riding gear (jaket motor)

Tips selanjutnya untuk bepergian jauh saat puasa dari Agus adalah menggunakan perlengkapan berkendara (riding gear) yang aman dan nyaman. 

“Jangan lupa untuk tetap selalu menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman,” ujarnya. 

Perlengkapan berkendara jarak jauh juga harus mempertimbangkan faktor kenyamanan, khususnya jika menggunakan kendaraan roda dua. Misalnya, lanjut Agus, memiliki jaket yang tidak terlalu tebal namun juga tidak terlalu tipis. 

Jaket yang tebal dan sempit membuat tubuh gerah serta tidak leluasa bergerak. Oleh sebab itu, ia menyarankan pemilihan bahan jaket yang memiliki lubang udara sehingga tubuh tidak kepanasan selama perjalanan. 

“Ada beberapa desain di bagian tertentu jaket, bisa masuk udara, supaya tubuh tetap nyaman,” katanya. 

Baca juga: Mohibadaa, Cara Perempuan Gorontalo Jaga Kecantikan Selama Ramadhan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com