Kompas.com - 03/04/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Semarang tengah menyiapkan desa wisata sebagai salah satu unggulan untuk menyambut musim libur Lebaran 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan, ada lima titik wisata unggulan yang tengah disiapkan dalam menghadapi musim libur lebaran tahun 2022. Dari lima destinasi unggulan tersebut, salah satunya adalah Desa Wisata Lerep.

"Kita siapkan lima titik wisata unggulan yang dapat dinikmati wisatawan saat mudik lebaran yaitu Bukit Cinta, Candi Gedong Songo, Waterpark, pemandian air panas di Muncul, dan desa wisata yang ada di Kabupaten-Kabupaten Semarang," kata Heru.

Baca juga: Merbabu View & Cafe, Wisata Baru di Kabupaten Semarang dengan Pemandangan Memukau

Pernyataan itu ia sampaikan saat acara Ngopi (Ngolah Pikir) Bareng bersama Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf) yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pendopo Kabupaten, Rabu (30/3/2022) malam.

Atraksi dan fasilitas Desa Wisata Lerep

Untuk kawasan Desa Wisata Lerep, Heru menjelaskan bahwa wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi budaya.

"Di Desa Wisata Lerep wisatawan dapat menikmati embung dan atraksi budaya dalam suasana alam Gunung Ungaran yang sejuk," ujar dia dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (3/4/2022).

Tak hanya atraksi budaya, mengutip laman Wonderful Indonesia, ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

Mulai dari belajar membuat permen susu atau keripik dalam paket Edu-eco tour, mencari ketenangan di air terjun Indrokilo, menjelajahi Watu Gunung, hingga mencicipi aneka kuliner tempo dulu.

Baca juga:

Desa wisata yang dinilai spesial oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap.

Sajian kuliner tradisional di Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.Dok. Kemenparekraf Sajian kuliner tradisional di Desa Wisata Lerep, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Melansir laman Jejaring Desa Pariwisata (Jadesta), di antaranya terdapat area parkir, balai pertemuan, gerai ATM, cafetaria, homestay, kamar mandi umum, kios souvenir, serta spot foto.

Adapun lokasi Desa Wisata Lerep berada di Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.