Wisata Danau Rana Kulan di Manggarai Timur NTT, Pas untuk Petualang

Kompas.com - 04/04/2022, 12:31 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Wisata Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NT) seolah tak pernah habis.

Bahkan, Manggarai Timur bisa disebut Kabupaten dengan danau terbanyak di NTT. Salah satunya adalah Danau Rana Kulan di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Manggarai Timur. Di sana, ada pula Goa Tetes Tana .

Kepala Desa Rana Kulan, Fransiskus Sanjay kepada Kompas.com melalui telepon, Senin, (4/4/2022) menjelaskan, penurunan kasus Covid-19 ini memberi peluang bagi penataan tempat wisata di wilayahnya untuk dikunjungi para petualang.

Baca juga: Hiu Tikus Diyakini Bisa Jadi Ikon Wisata Bahari di Alor NTT

Sejumlah wisata terkenal di desanya yakni, Danau Rana Kulan, Gua alam Tetes Tata, Air Panas, Padang Savana Satar Wangkung, Panjat tebing, arum jeram Sungai Wae Lampang, dan 7 danau kecil di sekitar Danau Rana Kulan. Ada pula wisata agrobisnis tanaman porang.

"Saat ini, saya bersama seluruh masyarakat sedang menata ulang obyek wisata di desanya sebab selama dua tahun lebih sangat lumpuh dampak dari pandemi Covid-19," ujar Sanjay.

Ia melanjutkan, penataan tempat wisata juga dilakukan karena tak lama lagi Desa Rana Kulan ditetapkan menjadi Desa Wisata di Manggarai Timur.

Baca juga: Sanksi Administratif Tunggu Para Penyulut Petasan di Pulau Kalong, NTT

Meski punya banyak tempat wisata, lanjut Sanjay, akses jalannya belum memadai, sehingga jadi kendala wisatawan yang minat khusus berpetualang untuk berwisata di pedalaman.

Direkomendasi bagi peserta G20 untuk berwisata

Sanjay merekomendasikan peserta G20 untuk berwisata di Danau Rana Kulan, Gua alam Tetes Tana, dan Padang Savana Satar Wangkung. Mereka juga bisa mengamati burung.

Terpisah, Amandus Cahaya Tukeng dari Komunitas Kopi Tuk kepada Kompas.com, Senin, (4/4/2022) dan sejumlah Komunitas merekomendasikan peserta G20 untuk berwisata di kawasan wisata Kopi Colol.

Berwisata di Kawasan wisata Kopi Colol, Manggarai Timur, NTT, Minggu, (27/3/2022). (KOMPAS.com/DOKPEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)KOMPAS.com/DOK PEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO Berwisata di Kawasan wisata Kopi Colol, Manggarai Timur, NTT, Minggu, (27/3/2022). (KOMPAS.com/DOKPEMANDU WISATA-MUHAMMAD BOEHARTO)

Mereka nanti akan bisa mengetahui dan merasakan nikmatnya Kopi Juria, Arabika, Robusta dan lain-lainnya yang tumbuh subur di Kawasan Colol. Selain itu peserta G20 yang berwisata di kawasan kopi colol untuk menanam kembali anakan kopi juria.

Baca juga: Wisata di Kampung Colol NTT, Lestarikan Kopi Juria Sebagai Warisan Leluhur

"Bahkan, di Colol masih tersimpan Bendera Belanda yang merupakan hadiah dari Pemerintahan Belanda saat Sayembara tanam kopi beberapa tahun silam," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.