Kompas.com - 04/04/2022, 14:32 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang akan melonggarkan aturan perbatasan masuk negara mereka secara bertahap, seperti menaikkan kuota harian kedatangan dari luar negeri. Meski demikian, turis asing dinyatakan masih belum bisa masuk.

Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno mengatakan pada konferensi pers Jumat (01/04/2022), Negeri Sakura akan menaikkan kuota harian kedatangan luar negeri dari 7.000 oranh menjadi sekitar 10.000 orang mulai 10 April mendatang.

Baca juga:

Kebijakan terbaru ini dilakukan dengan mempertimbangkan peningkatan kebutuhan warga Jepang maupun warga asing untuk masuk ke negara tersebut, termasuk pelajar yang ingin studi di Jepang.

Kendati jumlah kuota harian meningkat, turis asing yang ingin berwisata masih belum diizinkan untuk memasuki Jepang.

"Jepang berencana untuk meningkatkan pergerakan orang internasional secara bertahap dengan mempertimbangkan situasi infeksi di dalam dan luar negeri, serta langkah-langkah pengendalian perbatasan yang telah diambil negara-negara besar lainnya".

Demikian disampaikan oleh Hirokazu Matsuno saat konferensi pers, seperti dikutip Kompas.com dari Japan Today, Senin (04/04/2022).

Baca juga:

Sebagai informasi, mulai November hingga saat ini, Jepang masih memberlakukan larangan masuk bagi warga negara asing (bukan penduduk asli) untuk mengantisipasi penularan kasus Covid-19.

Aturan tersebut tentunya menimbulkan kritik dari para mahasiswa, akademisi, dan pelancong dengan urusan bisnis. Mereka menilai bahwa aturan itu terlalu ketat.

Oleh karena itu, salah satu langkah Pemerintah Jepang adalah memprioritaskan kedatangan mahasiswa asing dengan mengalokasikan kursi kosong pada penerbangan hari kerja, untuk memudahkan mereka masuk ke Jepang.

Baca juga: Omicron Meluas, Jepang Pertimbangkan Kuasi-Darurat di 13 Prefektur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.