Kompas.com - 04/04/2022, 16:16 WIB

ACEH TENGAH, KOMPAS.com - Bisnis agen tur dan perjalanan mulai berkembang di Kabupaten Aceh Tengah.

Lima tahun terakhir, Aceh Tengah bebenah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan internasional. Dampaknya, bisnis wisata mulai tumbuh.

Direktur Arigo Travels Aceh Tengah, Muhammad Ikhsan, mengatakan kepada Kompas.com, Senin (04/04/2022), dirinya membuka bisnis agensi perjalanan dan pelaksana acara wisata selama dua tahun terakhir.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

Bahkan di masa pandemi sekalipun, bisnis ini pun menurutnya tetap bertumbuh.

“Bahkan, memasuki pandemi Covid-19 pun bisnis ini tetap tumbuh. Karena, kita membawa wisatawan dari sejumlah daerah ke Takengon, Aceh Tengah, secara nyaman dan sesuai protokol kesehatan,” kata Ikhsan, Senin.

Dalam paket perjalanan yang ditawarkan, dirinya membawa pengunjungi ke tiga destinasi wisata. Harganya dipatok Rp 400.000 per orang. Biaya itu belum termasuk biaya penginapan.

“Bukti kemajuan destinasi wisata lainnya, saat ini ada 108 hotel dan rumah singgah di Aceh Tengah. Itu angka yang sangat besar bagi kota yang sekecil Aceh Tengah,” ucapnya.

Baca juga: Wajah Baru Pantai Ulee Rubek Aceh Utara, Bisa Santai di Bawah Pohon Pinus

Meski begitu, dia mengaku belum banyak melihat wisatawan luar Aceh yang mengunjungi kawasan itu.

Padahal, keindahan Danau Laut Tawar, pegunungan Aceh Tengah, dan rindangnya hutan pinus menurutnya setara dengan keindahan negara-negara di Eropa.

Wisatawan memperlihatkan penganan Asam Jing, khas Aceh Tengah, Senin (4/4/2022)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Wisatawan memperlihatkan penganan Asam Jing, khas Aceh Tengah, Senin (4/4/2022)

Ia menilai, promosi dari pemerintah perlu semakin digencarkan.

“Beruntung sekarang netizen banyak yang memposting kegiatan wisatanya di media sosial. Maka, mulai dikenal lah Aceh Tengah sebagai destinasi wisata,” kata Ikhsan.

Baca juga: Menanti Pantai Jagu Aceh Bersolek Jadi Kawasan Wisata Unggulan

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat membantu mempromosikan Aceh Tengah ke seluruh Indonesia.

“Sehingga tingkat kunjungan tak semata-mata ramai di akhir pekan. Namun ramai setiap hari,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.