Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Wisatawan Sulut Petasan di TN Komodo, Menparekraf Beri Tanggapan

Kompas.com - 05/04/2022, 10:45 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menanggapi kasus viral video wisatawan yang menyalakan petasan di Taman Nasional (TN) Komodo.

Menurut Sandi, perilaku wisatawan tersebut tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan upaya sosialisasi, edukasi, dan pembinaan kepada para wisatawan di TN Komodo.

"Tentang perilaku wisatawan yang tidak bertanggung jawab di Taman Nasional Pulau Komodo, tentu akan kami berikan sosialisasi dan edukasi, mungkin juga pembinaan," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing virtual, Senin (4/4/2022).

Lebih lanjut, dalam keterangan tertulis, disebutkan bahwa Balai Taman Nasional Komodo menyatakan bahwa pihaknya telah memberikan sanksi administratif kepada pelaku pariwisata yakni seorang pramuwisata dan operator kapal wisata.

Baca juga:

Sandiaga juga berpesan bahwa dalam menikmati tempat-tempat wisata, ada peraturan yang harus ditaati untuk kebaikan bersama.

"Atas kejadian ini kita dapat mengambil hikmah bahwa dalam menikmati berwisata ada peraturan yang harus kita taati, di antaranya peraturan ketika mengunjungi taman nasional dalam rangka menjaga kelestarian satwa serta flora dan fauna yang ada di dalamnya," bunyi kutipan pernyataan tersebut.

Selain itu, Balai TN Komodo juga meminta seluruh pelaku wisata dan para wisatawan dalam rombongan perjalanan tersebut untuk menyampaikan video permohonan maaf.

Baca juga:

Ini dilakukan sebagai upaya memberikan efek jera agar ke depannya tidak ada wisatawan lain yang melakukan pelanggaran serupa di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Pihak Balai TN Komodo berharap agar pelaku wisata dapat memberikan informasi lebih jelas terkait pengelolaan kawasan TN Nasional Komodo kepada wisatawan, khususnya aktivitas yang diizinkan dan tidak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com