Kompas.com - 05/04/2022, 13:52 WIB

BORONG,KOMPAS.com - Kekayaan alam Nusa Tenggara Timur (NTT) sangatlah berlimpah. Itulah mengapa sejumlah sudut di provinsi ini menjadi destinasi wisata populer.

Jika kamu mencari tempat wisata tersembunyi yang masih belum banyak diketahui, cobalah datang ke Kabupaten Manggarai Timur (Matim), tepatnya di Desa Haju Wangi, Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT). Di sana, kamu bakal menemukan Tiwu Cewe.

Baca juga: Air Terjun Cunca Wulang, Ditemukan oleh Nenek Moyang yang Cari Air Saat Kemarau

Tiwu dalam bahasa Manggarai adalah "danau", sementara cewe artinya kuali, sehingga Tiwu Cewe dapat diartikan sebagai danau mungil berbentuk kuali.

Jaraknya kurang lebih 20 kilometer (km) dari Dampek, Ibu Kota Kecamatan LAUT, dan sekitar 2 km dari Jalan Trans Pantai Utara.

Cabang masuk tepatnya di Kampung Bawe, kampung paling timur milik Kecamatan LAUT yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Sambi Rampas.

Dari Dampek, Ibu Kota Kecamatan LAUT, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit. Namun, hanya 18 km jalan yang sudah menggunakan hot mix. Sisa jalan adalah jalan telford dan jalan tanah.

Kendaraan roda dua dan empat bisa langsung parkir di bahu parkiran obyek wisata tersebut.

Baca juga:

Menurut Camat Lamba Leda Utara, (LAUT), Agustinus Supratman, daya tarik tempat tersebut beragam. Termasuk alam kali Wae Togong sebelum masuk ke Kampung Bawe, hamparan sawah yang ditemui di beberapa lokasi, serta interaksi sosial warga setempat yang hangat.

"Nama paket wisatanya "Tiwu Cewe" atau Danau berbentuk kuali dilereng bukit. Paket wisata ikutan Tiwu Cewe juga menawarkan nilai keindahan yang tidak terbantahkan," ujar Agustinus saat dihubungi Kompas.com, Selasa, (05/04/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.