Kompas.com - 05/04/2022, 18:16 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan, pembangunan hotel di rest area (area peristirahatan) jalan tol bisa menjadi tren, bahkan tempat wisata baru usai pandemi Covid-19.

“Ini mungkin bagian dari tren terbaru pascapandemi, banyak kegiatan pariwisata atau konektivitas dilakukan melalui jalan yang dibangun di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (4/4/2022).

Sebagai informasi, dilansir dari Antara, Senin (4/4/2022), PT Puri Sentul Permai telah meresmikan hotel perdana di rest area jalan tol, pada Kamis (31/3/2022) lalu. 

Penginapan bernama Hotel Kedaton 8 Express tersebut berada di Rest Area KM 19 Ruas Tol Jakarta - Cikampek, Desa Lembang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga:

Sandiaga mengatakan, pembangunan hotel di rest area betujuan untuk menyediakan layanan tempat istirahat bagi orang-orang yang melakukan perjalanan di dalam tol.

Apalagi, menurutnya, cukup banyak pertanyaan terkait peluang investasi di hotel-hotel di rest area, terutama jalur tol Jakarta-Cikampek.

Ia juga menyebutkan bahwa keberadaan hotel atau penginapan di rest area sudah lazim terjadi.

"Di negara-negara lain sangat lazim kalau ada hotel atau biasa disebut motel (motorist hotel), yang bisa (untuk) kendaraan parkir di depannya," jelas dia.

Adapun tarifnya cukup beragam. Misalnya, hotel baru yang ada di Cikampek dibanderol mulai dari Rp 300.000 per tiga jam.

Baca juga: 5 Tips Agar Perjalanan Mudik via Tol Jadi Lebih Asyik

Lebih lanjut, Menparekraf mengatakan bahwa kehadiran hotel di rest area ini dapat memberikan pengalaman baru bagi para pelintas.

"Juga dari sisi kemananan, karena kalo terlalu lelah, bisa berpotensi kecelakaan di jalan tol. Jadi beristirahat ini sangat penting," ujarnya.

Hotel di rest area berpotensi menjadi tempat wisata baru

Menparekraf menyatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan hotel-hotel di rest area lainnya, karena berpotensi menjadi tempat wisata baru.

"Menurut saya ini destinasi baru yang nanti juga bisa berkembang seiring dengan pembangunan jalan tol yang kami lakukan beberapa tahun terakhir," katanya.

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.