Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Hotel di Rest Area Jalan Tol Berpotensi Jadi Destinasi Baru

Kompas.com - 05/04/2022, 18:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan, pembangunan hotel di rest area (area peristirahatan) jalan tol bisa menjadi tren, bahkan tempat wisata baru usai pandemi Covid-19.

“Ini mungkin bagian dari tren terbaru pascapandemi, banyak kegiatan pariwisata atau konektivitas dilakukan melalui jalan yang dibangun di seluruh wilayah Indonesia,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual, Senin (4/4/2022).

Sebagai informasi, dilansir dari Antara, Senin (4/4/2022), PT Puri Sentul Permai telah meresmikan hotel perdana di rest area jalan tol, pada Kamis (31/3/2022) lalu. 

Penginapan bernama Hotel Kedaton 8 Express tersebut berada di Rest Area KM 19 Ruas Tol Jakarta - Cikampek, Desa Lembang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga:

Sandiaga mengatakan, pembangunan hotel di rest area betujuan untuk menyediakan layanan tempat istirahat bagi orang-orang yang melakukan perjalanan di dalam tol.

Apalagi, menurutnya, cukup banyak pertanyaan terkait peluang investasi di hotel-hotel di rest area, terutama jalur tol Jakarta-Cikampek.

Ia juga menyebutkan bahwa keberadaan hotel atau penginapan di rest area sudah lazim terjadi.

"Di negara-negara lain sangat lazim kalau ada hotel atau biasa disebut motel (motorist hotel), yang bisa (untuk) kendaraan parkir di depannya," jelas dia.

Adapun tarifnya cukup beragam. Misalnya, hotel baru yang ada di Cikampek dibanderol mulai dari Rp 300.000 per tiga jam.

Baca juga: 5 Tips Agar Perjalanan Mudik via Tol Jadi Lebih Asyik

Lebih lanjut, Menparekraf mengatakan bahwa kehadiran hotel di rest area ini dapat memberikan pengalaman baru bagi para pelintas.

"Juga dari sisi kemananan, karena kalo terlalu lelah, bisa berpotensi kecelakaan di jalan tol. Jadi beristirahat ini sangat penting," ujarnya.

Hotel di rest area berpotensi menjadi tempat wisata baru

Menparekraf menyatakan, pihaknya sangat mendukung pembangunan hotel-hotel di rest area lainnya, karena berpotensi menjadi tempat wisata baru.

"Menurut saya ini destinasi baru yang nanti juga bisa berkembang seiring dengan pembangunan jalan tol yang kami lakukan beberapa tahun terakhir," katanya.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com