Kompas.com - 07/04/2022, 20:31 WIB

KOMPAS.comMasjid Agung Demak berada di Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. 

Tempat ibadah umat Islam ini dibangun pada abad ke-15, sehingga menjadikannya sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia. 

Dilansir dari laman resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Masjid Agung Demak didirikan oleh Raden Patah dari Kerajaan Demak, serta dibantu oleh para Wali Songo.

Adapun Wali Songo merupakan sebutan untuk sembilan tokoh yang menyebarkan ajaran agama Islam di Pulau Jawa, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Baca juga:

Masjid Agung Demak, Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten DemakDOK. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Masjid Agung Demak, Kampung Kauman, Bintoro, Demak, Jawa Tengah DOK. Dinas Pariwisata Kabupaten Demak

Pada masa pembangunannya, Raden Patah memberikan gambar bulus sebagai simbol, menggambarkan candra sengkala memet yang bermakna sirna ilang kerthaning bumi. 

Bila dilihat dari sisi filosofi, penggunaan simbol bulus menggambarkan tahun pembangunan masjid tersebut yang dilakukan pada 1401 saka.

Tahun datang dari bulus yang memiliki satu (1) kepala, lalu punya empat kaki (4), badannya berbentuk bulat (0), dan ekornya berjumlah satu (1).

Lataran menjadi simbol masjid ini, ornamen bulus bisa dengan mudah ditemukan di dinding-dinding bangunan. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.