Kompas.com - 08/04/2022, 10:48 WIB

LARANTUKA, KOMPAS.comPantai Riangsunge menjadi salah satu tempat favorit bagi warga dan wisatawan yang berkunjung Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai Riangsunge berada di Pulau Solor, tepatnya Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur.

Pantai ini bisa ditempuh selama satu setengah jam dari Pelabuhan Laut Larantuka menuju Pelabuhan Witaebang naik kapal motor.

Baca juga: Wisata di Hutan Enau Flores Barat NTT, Belajar Manfaat Aren

Pantai Riangsunge memiliki pasir putih yang menawan. Air lautnya jernih dan bersih. Banyak spot intagramable yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto.

Di pesisir pantai ini juga ditumbuhi pepohonan yang rindang. Sangat cocok untuk berteduh sambil menikmati keindahan pantai.

Pantai Riangsunge juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti toilet, wahana bermain anak-anak, lopo, dan panggung untuk pentas seni.

Keindahan Pantai Riangsunge

Biasanya sebelum matahari terbenam, sekelompok anak muda selalu ramai di pantai itu. Begitu juga para pengunjung, mereka menunggu sunset.

Salah satu wisatawan bernama Oni Ratumakin mengaku senang saat berkunjung ke Pantai Riangsunge.

Baca juga: Beo Runa, Pusat Peradaban Minangkabau di Flores Barat (1)

"Pantainya sangat indah. Walaupun agak lelah sepanjang perjalanan, tetapi semuanya akan terbayar saat tiba ditempat ini,” ujar Oni kepada Kompas.com, pada Kamis (6/4/2022).

Foto: Pintu masuk menuju Pantai Riangsunge Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur. Dokumen Oni Ratumakin Foto: Pintu masuk menuju Pantai Riangsunge Kelurahan Witaebang, Kecamatan Solor Barat, Flores Timur.

Menurutnya, keberadaan Pantai Riangsunge tidak hanya menawarkan pesona alam yang indah, tetapi menjadi salah satu spot wisata di Kabupaten Flores Timur, khususnya Pulau Solor.

"Pulau Solor ini tidak terlalu besar, hanya tiga kecamatan. Tetapi punya wisata yang bisa menjadi ikon ke depan," katanya.

Namun, Oni menyarankan agar penduduk setempat membuka kuliner, sehingga pengunjung tidak perlu membawa bekal saat berkunjung ke Pantai Riangsunge.

Baca juga: Ingin Menyaksikan Embun Pagi? Jelajahi Lembah Wajur di Flores Barat

“Ini juga bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Apalagi kalau ada kuliner khas, pasti wisatawan akan tertarik datang ke tempat ini,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.