Kompas.com - 08/04/2022, 14:09 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah memperbolehkan mudik Lebaran 2022 dengan syarat pemudik sudah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap dan vaksin booster (penguat). 

Bagi pemudik dari Jakarta menuju Semarang yang membawa kendaraan pribadi wajib mengetahui tarif Tol Jakarta-Semarang pada arus mudik Lebaran 2022. Sebaliknya, pemudik juga perlu mengetahui tarif Tol Semarang menuju Jakarta untuk arus balik 2022.  

Dengan demikian, pemudik bisa memastikan saldo pada uang elektronik cukup untuk transaksi pembayaran tol Jakarta - Semarang dan sebaliknya. 

Baca juga: Tarif Tol Trans Jawa Terbaru 2022, Usai Kenaikan Tarif Tol Cipali 

Pada rute perjalanan Semarang - Jakarta melalui tol, jarak yang ditempuh kurang lebih kilometer 444 kilometer. Sementara, waktu tempuhnya kurang lebih enam hingga tujuh jam. 

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, @official.jasamarga, terdapat delapan ruas tol yang dilalui pengguna jalan dari Semarang menuju Jakarta.

Keenam ruas tol tersebut meliputi, Tol Semarang ABC, Tol Batang-Semarang (Gerbang Tol Kalikangkung), Tol Pemalang-Batang, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Kanci-Pejagan, Tol Palimanan-Kanci, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Jakarta-Cikampek. 

Untuk kendaraan golongan I, secara keseluruhan tarif tol dari Semarang menuju Jakarta adalah Rp 377.500 untuk sekali jalan. Dengan demikian, jika kamu membawa kendaraan pribadi setidaknya mempersiapkan biaya Rp 755.000 untuk mudik dan balik Lebaran 2022. 

Kendaraan golongan I meliputi sedan, jeep, truk kecil, bus, dan pick up.

Baca juga:

Berikut rincian tarif tol Semarang-Jakarta pada mudik dan balik Lebaran 2022. 

1. Tol Semarang ABC (Gerbang Tol Kalikangkung): Rp 5.500

2. Tol Batang - Semarang: Rp 86.000

3. Tol Pemalang - Batang: Rp 45.000

4. Tol Pejagan - Pemalang: Rp 60.000

5. Tol Kanci - Pejagan: Rp 29.500

6. Tol Palimanan - Kanci: Rp 12.500

7. Tol Cikopo - Palimanan: Rp 119.000 (naik dari sebelumnya Rp 107.500)

8. Tol Jakarta - Cikampek: Rp 20.000

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.