Kompas.com - 08/04/2022, 17:31 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program Baparekraf Digital Innovation Lab (BEDIL) pada Kamis (7/4/2022), di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Peluncuran tersebut dalam rangka mempercepat proses digitalisasi produk dan jasa subsektor ekonomi kreatif, serta bertransformasi digital.

Adapun program BEDIL diinisiasi oleh Direktorat Tata Kelola Ekonomi Digital, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata , dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Melalui program BEDIL, para peserta diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dengan cara memasarkan produk melalui kanal digital yang ada, seperti media sosial, commerce, dan kanal digital lainnya, serta ikut berkontribusi dalam digitalisasi sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, saat pembukaan program di Labuan Bajo, Kamis.

Ia menegaskan, transformasi digital telah menyentuh titik krusial dan menjadi kebutuhan.

Baca juga:

Kemenparekraf, menurutnya, memiliki tanggung jawab dalam penguatan ekonomi digital UMKM di Indonesia.

"Transformasi digital dapat meningkatkan pendapatan lima kali lebih cepat ketimbang penggunaan metode konvensional. Presiden RI (Republik Indonesia) Joko Widodo telah meluncurkan aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia, dan sejak peluncurannya, terdapat 3,7 juta unit usaha yang terdigitalisasi," jelasnya.

Ia mengatakan, angka itu lebih banyak dari target yang telah ditetapkan, yaitu dua juta unit usaha.

Saat ini, terdapat 11,7 juta UMKM yang telah go digital (terdigitalisasi). Diharapkan, hal tersebut terus berkembang mengejar target pemerintah hingga akhir tahun 2023, menjadi 30 juta UMKM.

Ilustrasi UMKM.SHUTTERSTOCK Ilustrasi UMKM.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Muhammad Neil El Himam berharap, usai mengikuti program ini, para peserta sudah siap untuk berkreasi dengan memanfaatkan perangkat dan platform digital.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.