Kompas.com - 08/04/2022, 21:22 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 647 wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Sulawesi Utara melalui Bandara Internasional Sam Ratulangi pada bulan Februari 2022, atau meningkat 38,84 persen dari bulan Januari 2022.

Adapun jumlah wisman yang mengunjungi provinsi tersebut pada Januari 2022 adalah 466 orang.

"Peningkatan kunjungan wisman ini karena mulai ada kelonggaran bagi turis untuk masuk-keluar Sulut (Sulawesi Utara) akibat dampak dari pandemi Covid-19," kata Kepala Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara, Asim Saputra, dikutip dari Antara, Jumat (8/4/2022).

Baca juga:

Ia menerangkan, sebagian besar wisman berasal dari China (401 orang) atau sebesar 61,98 persen dari total turis yang masuk ke Sulawesi Utara. 

Selanjutnya, disusul oleh wisman dari Rusia (79 orang) sebesar 12,21 persen, Amerika Serikat (32 orang) sebesar 4,95 persen, dan Perancis (28 orang) sebanyak 4,33 persen. 

Para penumpang menunggu penerbangan di terminal keberangkatan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Tampak protokol kesehatan dilakukan dengan mengatur jarak tempat duduk para penumpang.KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY Para penumpang menunggu penerbangan di terminal keberangkatan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Tampak protokol kesehatan dilakukan dengan mengatur jarak tempat duduk para penumpang.

Asim menambahkan, mengacu ke perkembangan yang ada, pemerintah Sulawesi Utara optimistis kunjungan wisman ke provinsi tersebut akan menggeliat kembali. 

Sebagai informasi, Bandara Internasional Sam Ratulangi menjadi salah satu pintu masuk wisman yang mendapat Visa on Arrival (VoA).

"Wisman bebas visa kunjungan saat kedatangan khusus wisata atau yang lebih dikenal dengan Visa on Arrival," kata GM Bandara Internasional Sam Ratulangi, Minggus Gandeguai, Kamis (7/4/2022).

Baca juga:

Hal tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Hukum dan HAM Nomor IMI 0459.GR.01.01 Tahun 2022. SE tersebut berlaku mulai Rabu (6/4/2022).

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (5/4/2022), terdapat 19 Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang telah ditentukan, salah satunya Bandara Internasional Sam Ratulangi. 

Warga negara asing (WNA) hanya bisa masuk ke Indonesia melalui 19 TPI tersebut. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.