4 Jalur Pendakian Gunung Tambora NTB Dibuka, Catat Syarat Mendakinya

Kompas.com - 09/04/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Seluruh jalur pendakian Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), telah dibuka sejak Selasa (5/4/2022) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Jalur pendakian yang dibuka terdiri dari empat jalur, yaitu Doro Ncanga dan Pancasila di Kabupaten Dompu, serta Piong dan Kawinda Toi, di Kabupaten Bima.

Baca juga:

Sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran (SE) Balai Taman Nasional Tambora, Selasa (5/4/2022), sebelumnya, jalur pendakian telah ditutup sejak Kamis (20/1/2022) lalu.

"Penutupan dilakukan karena cuaca hujan dan badai sejak Januari lalu, juga karena ingin pemulihan ekosistem," kata salah satu pegawai Balai Taman Nasional Gunung Tambora, Faisal, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: Kisah Unik Desa Pancasila di Kaki Gunung Tambora, Seperti Apa?

Gunung Tambora terapkan kuota pendakian

Padang savana di Taman Nasional Gunung Tambora, lokasi ini berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut. menlhk.go.id Padang savana di Taman Nasional Gunung Tambora, lokasi ini berada di ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut.

Meski telah dibuka, Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yunaidi, menjelaskan adanya pembatasan kuota pendaki sebanyak 30 persen dari daya tampung Taman Nasional Tambora.

"Aktivitas pendakian dan berkemah juga tidak boleh lebih dari 3 hari 2 malam," terang Yunaidi dalam keterangan tertulis, Selasa.

Baca juga:

Yunaidi mengimbau para pendaki agar tetap menjaga kebersihan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan.

Selain itu, para pendaki juga diminta menjaga kelestarian kawasan dengan tidak menebang pohon atau ranting, serta tidak melakukan vandalisme atau aktivitas lain yang mengganggu ekosistem.

Baca juga: Gunung Ini Belum Pernah Didaki sampai Sekarang, Ini Penyebabnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.