Kompas.com - 09/04/2022, 21:18 WIB

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta akan kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Lokal Pangrango Bogor - Sukabumi, mulai Minggu (10/4/2022), dengan harga promo mulai Rp 45.000. 

Beroperasinya KA tersebut diputuskan setelah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) selesai mengembangkan prasarana KA, berupa pembangunan jalur ganda, revitalisasi, dan persinyalan stasiun di lintasan Bogor-Cicurug.

Dilansir dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (9/4/2022), KA Pangrango akan beroperasi sebanyak tiga kali pergi-pulang (PP) setiap harinya, dengan relasi Stasiun Bogor Paledang hingga Stasiun Sukabumi.

Baca juga: 

KA ini juga melayani penumpang yang hendak naik-turun di sejumlah stasiun pemberhentian yang lain, di antaranya Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat, dan Sukabumi. 

Sementara itu, rangkaian KA Pangrango meliputi dua kereta eksekutif dan empat kereta ekonomi. 

Saat ini, harga promo yang berlaku untuk tiket KA Pangrango adalah, mulai dari Rp 45.000 untuk kereta ekonomi, serta Rp 80.000 untuk kereta eksekutif.

Baca juga: Cara Batalkan dan Refund Tiket KA Secara Online dan Offline

KA Pangrango Bogor-Sukabumi akan beroperasi mulai besok, Minggu (10/4/2022).Dok. Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa KA Pangrango Bogor-Sukabumi akan beroperasi mulai besok, Minggu (10/4/2022).

Cara memesan tiket kereta api Pangrango

Calon penumpang yang ingin memesan tiket KA Pangrango bisa melalui aplikasi KAI Access, atau melakukan pembelian langsung di stasiun. 

Tiket kereta bisa dibeli di loket stasiun paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. 

Selain itu, calon penumpang wajib menunjukkan kartu vaksinasi dosis pertama, serta tidak wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes rapid antigen atau RT-PCR.

Baca juga: Tiket Kereta Mudik Lebaran Mulai Dijual, Ini KA dan Tanggal Favorit Masyarakat

"Pelanggan dengan usia di bawah enam tahun tidak wajib vaksin dan antigen, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan," tulis keterangan resmi dari PT KAI Daop 1 Jakarta

Tidak hanya itu, calon penumpang juga wajib memakai masker tiga lapis, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan memastikan kondisi sehat. Suhu badan  tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. 

Baca juga: Kereta Bandara Railink Layani Penumpang dari Bandara YIA

Jadwal kereta api Pangrango

Stasiun Bogor Paledang

  • Berangkat pukul 08.30 WIB, lalu tiba di Sukabumi pukul 10.34 WIB
  • Berangkat pukul 14.30 WIB, lalu tiba di Sukabumi pukul 16.34 WIB
  • Berangkat pukul 20.00 WIB, lalu tiba di Sukabumi pukul 22.04 WIB 

Stasiun Sukabumi

  • Berangkat pukul 05.30 WIB, kemudian tiba di Bogor Paledang pukul 07.34 WIB
  • Berangkat pukul 11.30 WIB, kemudian tiba di Bogor Paledang pukul 13.34 WIB 
  • Berangkat pukul 17.00 WIB, kemudian tiba di Bogor Paledang pukul 19.04 WIB 

Informasi tambahan lainnya bisa didapat melalui Contact Center KAI, yaitu telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Baca juga: Cara Batalkan Tiket KA Jarak Jauh untuk Anak Usia di Bawah 12 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.