Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Karangan di Labuan Bajo Akan Jadi Tempat Wisata Baru

Kompas.com - 11/04/2022, 11:05 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (pemda) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berencana menjadikan Bukit Karangan sebagai tempat wisata baru di Labuan Bajo. 

Rencana tersebut diputuskan setelah tanah Karangan resmi menjadi milik pemda usai diserahkan Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, pada Jumat (8/4/2022).

Adapun sebagian tanah, yang terdiri dari lembah dan bukit, akan dijadikan tempat wisata baru.

Baca juga:

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, mengatakan, pihaknya akan segera memproses sertifikat lahan agar bisa bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat umum.

Tanah itu, kata dia, akan dikembangkan jadi tempat wisata baru yang nantinya dibuka bagi publik. 

"Masyarakat yang selama ini aksesnya kurang ke ke pantai, dengan kita menyiapkan lahan di atas kurang lebih 30 hektare ini, maka rakyat dari berbagai daerah bisa menikmati pemandangan, suasana laut termasuk view yang ada di tempat ini. View laut dan pantai dari bukit ini sangat indah," kata Bupati Edi, Jumat siang.

Labuan Bajo tampak dari udara.SHUTTERSTOCK/Harry Hermanan Labuan Bajo tampak dari udara.

Salah satu tokoh muda di Manggarai Barat, Yos Nggarang, menyambut rencana tersebut. Menurutnya, pemandangan Labuan Bajo yang bisa dilihat dari bukit tersebut sungguh memesona.

"Ini salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Di sini kita bisa melihat indahnya pantai dan luasnya lautan sepanjang mata memandang. Bagus kalau ini dikembangkan jadi destinasi wisata baru di Labuan Bajo," kata Yos. 

Baca juga:

Ia juga berharap agar rencana tersebut lekas terlaksana. 

"Bagi saya tempat ini begitu lengkap. Wisatawan bisa berswafoto dengan latar gugusan pulau di sekitar Kota Labuan Bajo. Bisa juga trekking di sini. Sunset (pemandangan matahari terbenam) di sini juga sangat indah," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com