Kompas.com - 11/04/2022, 11:05 WIB
Foto : View laut dan gugusan pulau di sekitar kota Labuan Bajo diambil dari bukit Karangan,  atas bukit Karangan, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat (8/4/2022). Kompas.com/Nansianus TarisFoto : View laut dan gugusan pulau di sekitar kota Labuan Bajo diambil dari bukit Karangan, atas bukit Karangan, Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat (8/4/2022).

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (pemda) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berencana menjadikan Bukit Karangan sebagai tempat wisata baru di Labuan Bajo. 

Rencana tersebut diputuskan setelah tanah Karangan resmi menjadi milik pemda usai diserahkan Kejaksaan Negeri Manggarai Barat, pada Jumat (8/4/2022).

Adapun sebagian tanah, yang terdiri dari lembah dan bukit, akan dijadikan tempat wisata baru.

Baca juga:

Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, mengatakan, pihaknya akan segera memproses sertifikat lahan agar bisa bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat umum.

Tanah itu, kata dia, akan dikembangkan jadi tempat wisata baru yang nantinya dibuka bagi publik. 

"Masyarakat yang selama ini aksesnya kurang ke ke pantai, dengan kita menyiapkan lahan di atas kurang lebih 30 hektare ini, maka rakyat dari berbagai daerah bisa menikmati pemandangan, suasana laut termasuk view yang ada di tempat ini. View laut dan pantai dari bukit ini sangat indah," kata Bupati Edi, Jumat siang.

Labuan Bajo tampak dari udara.SHUTTERSTOCK/Harry Hermanan Labuan Bajo tampak dari udara.

Salah satu tokoh muda di Manggarai Barat, Yos Nggarang, menyambut rencana tersebut. Menurutnya, pemandangan Labuan Bajo yang bisa dilihat dari bukit tersebut sungguh memesona.

"Ini salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Labuan Bajo. Di sini kita bisa melihat indahnya pantai dan luasnya lautan sepanjang mata memandang. Bagus kalau ini dikembangkan jadi destinasi wisata baru di Labuan Bajo," kata Yos. 

Baca juga:

Ia juga berharap agar rencana tersebut lekas terlaksana. 

"Bagi saya tempat ini begitu lengkap. Wisatawan bisa berswafoto dengan latar gugusan pulau di sekitar Kota Labuan Bajo. Bisa juga trekking di sini. Sunset (pemandangan matahari terbenam) di sini juga sangat indah," ujarnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.