Kompas.com - 11/04/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur tutup sementara mulai Senin (11/4/2022) hingga 29 April 2022.

Informasi itu disampaikan Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2022).

"Iya, tutup dalam rangka revitalisasi TMII berdasarkan Perpres Nomor 116 Tahun 2021, tepatnya tanggal 31 Desember 2021. Untuk percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur untuk mendukung acara G20, salah satunya di TMII," kata Sedana.

Menurutnya, revitalisasi ini telah berlangsung cukup lama. Sejak Januari 2022, sejumlah pemugaran dan perbaikan area di TMII telah dilakukan sesuai petunjuk dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR).

Baca juga:

Terkait penutupan sementara pada 11-29 April 2022, ia menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan demi efektivitas waktu dan mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sekarang ini situasi lagi tinggi-tingginya kegiatan revitalisasi, biar fokus diselesaikan dengan cepat, aman dari accident. Karena sekarang jalanan banyak lumpur, banyak alat berat, takutnya pengunjung liat situasi kurang nyaman," katanya.

TMII akan tutup lagi untuk revitalisasi lanjutan

Kemudian, sambung dia, pengelola akan membuka TMII sekitar dua sampai tiga hari jelang Lebaran tepatnya pada 29 April 2022.

Kendati demikian, tempat wisata ini akan ditutup kembali untuk melanjutkan program revitalisasi.

Ilustrasi konsep revitalisasi TMII JakartaDok. Urban+ Ilustrasi konsep revitalisasi TMII Jakarta

"Sebelum Lebaran, daripada mudik, kita beri alternatif masyarakat bisa melepas rindu di sana (TMII). Setelah itu kita akan tutup lagi, baru PUPR melanjutkan pekerjaannya," terang Sedana.

Ia mengatakan, revitalisasi direncanakan akan selesai pada Agustus 2022, dan diresmikan awal bulan Oktober.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di DKI Jakarta, Wisata Budaya di TMII

"Insya Allah Agustus (revitalisasi) selesai, Oktober 2022 sudah bisa diresmikan. Rencananya yang meresmikan Bapak Presiden Joko Widodo," papar Sedana.

Transformasi TMII menjadi lebih banyak ruang hijau

Sedana mengatakan, kegiatan renovasi TMII mencakup beberapa bagian. 

"Penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, dan renovasi joglo yaitu Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno terutama untuk menerima delegasi G20 yang datang ke Indonesia," ujarnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.