Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/04/2022, 16:31 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bogor mempunyai beberapa tempat ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa. Mulai dari obyek wisata, taman kota, dan pusat kuliner. 

Kamu bisa mengisi waktu ngabuburit dengan berbagai kegiatan di berbagai tempat pilihan, baik bersama keluarga maupun teman. Jangan khawatir, tempat ngabuburit di Bogor juga banyak yang ramah di kantong. 

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong Dekat Stasiun Bogor, Pas buat Santai Sambil Ngobrol

Berikut 12 rekomendasi tempat ngabuburit di Bogor seperti dirangkum Kompas.com

Tempat ngabuburit di Bogor

1. Kebun Raya Bogor 

Kebun Raya Bogor.WIKIMEDIA COMMONS/CEP BUDHI DARMA Kebun Raya Bogor.

Ikon Kota Hujan ini bisa menjadi pilihan tempat ngabuburit di Bogor.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Kebun Raya Bogor sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Mengutip Kompas.com (07/02/2022), pencinta tanaman bisa belajar lebih banya mengenai spesies anggrek dan anggrek hybrid di Griya Anggrek. Ada pula Taman Anggrek Hitam dan aneka tanaman obat di Taman Obat & Orchidarium. 

Baca juga: Tiket Masuk Kebun Raya Bogor dan Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Jika kamu pencinta kopi, tentunya tak ingin melewatkan kunjungan ke Taman Kopi. Di sana, kamu bisa mempelajari berbagai jenis kopi dari Indonesia yang sudah diakui secara global, seperti Kopi Puntang, Kopi Robusta Ulubelu, dan Kopi Kamojang. 

Di Kebun Raya Bogor, kamu juga bisa melihat makam kuno Belanda dan tanaman-tanaman bambu terbesar di Asia Timur dan Asia Tenggara, serta mengunjungi Museum Zoologi untuk melihat kerangka-kerangka hewan mamalia terbesar di dunia. 

2. Masjid Raya Bogor 

Sejumlah warga sedang melakukan ibadah shalat Jumat di Masjid Raya Bogor, Jumat (5/6/2020). Masjid Raya Bogor kembali menggelar ibadah shalat Jumat berjamaah setelah dua bulan lebih masjid yang menjadi ikon Kota Bogor itu tidak mengadakan kegiatan di masa pandemi.KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Sejumlah warga sedang melakukan ibadah shalat Jumat di Masjid Raya Bogor, Jumat (5/6/2020). Masjid Raya Bogor kembali menggelar ibadah shalat Jumat berjamaah setelah dua bulan lebih masjid yang menjadi ikon Kota Bogor itu tidak mengadakan kegiatan di masa pandemi.

Tak melulu nongkrong, waktu ngabuburit bisa dimanfaatkan dengan kegiatan wisata religi. Salah satu pilihan tempat ngabuburit di Bogor yang bida kamu kunjungi adalah Masjid Raya Bogor. 

Berdasarkan informasi dari situs Bimas Islam Kementerian Agama, masjid ini didirikan pada 1970 lalu.

Arsitektur masjid sangat indah dan megah. Terdapat lampu kristal gantung tepat di tengah ruangan utama masjid. 

Baca juga: 6 Masjid Bersejarah di Jawa, Ada yang Berdiri sejak Abad Ke-15 Masehi

Masjid Raya Bogor memiliki satu kubah besar yang diapit dua kubah kecil, menggantikan atap masjid yang sebelumnya bergaya limasan dua tumpang.

Terdapat tiang penopang berwarna keemasan sehingga menambah kesan megah masji ini. Sementara, langit-langit masjid dihiasi ornamen berbentuk bintang segi delapan, dengan lampu-lampu tanam.

Keunikan lainnya adalah keberadaan bangunan menara yang letaknya terpisah lumayan jauh dari bangunan utama masjid. Menara yang berdiri cukup jauh dari bangunan utama terkesan seperti sebuah bangunan mandiri.

Lokasi Masjid Raya Bogor berada di Jalan Raya Pajajaran No 10, Kota Bogor atausekitar 400 meter dari Terminal Baranangsiang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com