Kompas.com - 12/04/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Masjid Agung Baitul A'la yang berlokasi di Desa Lueng Baro, Suka Makmur, Nagan Raya, Aceh, kini dalam tahap penyelesaian. 

Masjid yang juga disebut Masjid Giok Aceh itu dijadwalkan dibuka untuk umum pada Juni 2022.

Baca juga: 20 Tempat Wisata Alam di Aceh, dari Pantai hingga Air Terjun

Adapun nama "Masjid Giok", menurut Antara, disematkan karena penggunaan ornamen berlapis batu giok pada lantai, dinding, tiang, dan kubah masjid.

Sementara arsitekturnya memadukan konsep arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Aceh.

Menurut Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya, Wahidin, pembukaan masjid rencananya akan ditandai dengan pelaksanaan ibadah shalat Jumat perdana dan dihadiri oleh Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham.

"Insya Allah, jika tidak ada kendala, Masjid Agung Giok ini akan dibuka untuk umum pada bulan Juni nanti," kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Nagan Raya, Wahidin, di Nagan Raya, Senin (11/04/2022), seperti dikutip Kompas.com dari Antara.

Baca juga: Masjid Raya Sumatera Barat Menang Penghargaan Internasional

Wahidin mengatakan bahwa kehadiran masjid tersebut sudah menarik minat masyarakat lokal maupun luar daerah untuk berkunjung melihat keindahan masjid dengan lapisan giok tersebut.

Diharapkan kehadiran Masjid Giok Aceh dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nagan Raya.

Kendati belum dibuka untuk umum, masjid yang dibangun sejak 2012 tersebut sebetulnya sudah sempat digunakan sebagai lokasi pelaksanaan akad pernikahan warga Kabupaten Nagan Raya.

"Semoga saat masjid ini dibuka untuk umum, minat masyarakat untuk beribadah di Masjid Agung Kabupaten Nagan Raya akan semakin meningkat dan jemaahnya semakin bertambah," kata dia.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.