Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia Operasikan Kembali Penerbangan Bangkok-Bali

Kompas.com - 13/04/2022, 08:41 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia kembali mengoperasikan penerbangan internasionalnya untuk rute Bangkok-Bali pada Selasa (12/04/2022). Ini merupakan rute internasional keempat yang telah beroperasi di indonesia.

Penerbangan yang dioperasikan oleh AirAsia Thailand dengan nomor penerbangan FD 396 ini berangkat dari Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok pukul 06.50 waktu setempat dan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada pukul 11.57 WITA.

Baca juga: AirAsia Akan Pindah ke Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta

Mengutip laman AirAsia, Selasa, per 12 April 2022, penerbangan AirAsia rute Bangkok-Bali akan beroperasi sebanyak dua kali dalam sepekan, yaitu setiap hari Selasa dan Sabtu. Selanjutnya, jadwal penerbangan akan terus dievaluasi untuk penambahan frekuensi ke depan.

Pemulihan minat wisatawan Thailand

AirAsia buka kembali rute Bangkok-Balidokumentasi AirAsia AirAsia buka kembali rute Bangkok-Bali

Bangkok dan Bali secara historis merupakan rute yang sangat populer dengan jumlah permintaan rata-rata lebih dari 80 persen sebelum pandemi.

Penerbangan perdana pasca-pandemi kali ini menunjukkan tren pemulihan minat wisatawan Thailand untuk berkunjung ke Bali.

Hal ini terlihat dari jumlah penumpang sebanyak 128 orang yang hampir semuanya adalah Warga Negara Asing (WNA) dan mayoritas berwarga negara Thailand.

Diharapkan, ini menjadi momentum kenaikan kunjungan wisatawan asal Thailand ke Indonesia, khususnya Bali.

"Dengan Bali menjadi tujuan rekreasi favorit yang konsisten bagi wisatawan asal Thailand, pelonggaran pembatasan perjalanan internasional dan pencabutan persyaratan karantina baru-baru ini berhasil menggairahkan minat wisatawan untuk kembali ke Bali yang di antara turis Thailand terkenal dengan budaya unik dan ragam aktivitas lautnya," tulis maskapai tersebut dalam situsnya.

Baca juga:

Sebaliknya, Pemerintah Thailand juga telah melonggarkan syarat perjalanan internasional ke negaranya.

Negeri Gajah Putih meniadakan persyaratan tes Covid sebelum terbang (pre-departure Covid test). Kebijakan ini semakin memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Bangkok yang populer dengan wisata belanja, kuliner dan budayanya. 

Meski perjalanan internasional tampak mulai bergairah kembali, AirAsia mengingatkan seluruh calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"AirAsia terus mengimbau seluruh masyarakat yang akan bepergian untuk selalu mengikuti arahan protokol kesehatan guna mendukung terciptanya ekosistem transportasi dan pariwisata yang aman dan nyaman demi kepentingan bersama," tambah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com