Kompas.com - 13/04/2022, 11:06 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah mulai melonggarkan aturan pelaku perjalanan seiring dengan kasus Covid-19 yang semakin menunjukkan tren positif.

Pelonggaran tersebut rupanya cukup berdampak pada industri pariwisata di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kini, pariwisata di Labuan Bajo sudah mulai bergeliat.

Baca juga: 60.439 Wisatawan Berkunjung ke Labuan Bajo Selama 2021

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat, Pius Baut mengatakan, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo mulai naik sejak November 2021 karena kasus Covid-19 mulai menurun.

Kemudian pada 2022, angka kunjungan terus menunjukkan tren kenaikan, terutama setelah pemerintah melonggarkan aturan perjalanan, seperti salah satunya mengenai tes usap antigen dan PCR.

"Berdasarkan data tiga bulan terakhir, pariwisata Labuan Bajo pelan-pelan naik. Kenaikan jumlah kunjungan ini juga karena bersamaan dengan Asia Internasional Week pada Maret 2022," kata Pius kepada Kompas.com di rumah kerjanya belum lama ini.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Labuan Bajo, Bisa ke Mana Saja?

Ia menyebut, selama tiga bulan terakhir pada 2022, sudah ada 12.863 wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Dari jumlah itu, jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 818 orang dan wisatawan nusantara 12.045 orang.

Ia berharap, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat seiring semakin terkendalinya kasus Covid-19.

"Harapannya dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, ekonomi masyarakat segera pulih," ucap dia.

60.439 wisatawan kunjungi Labuan Bajo selama 2021

Pulau Kalong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).WIKIMEDIA COMMONS/KHOIRUL AMRI Pulau Kalong di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.