Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Tunjungan Plaza Surabaya, Salah Satu Mal Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 14/04/2022, 10:01 WIB
Ulfa Arieza ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Jawa Timur mengalami kebakaran pada Rabu (13/4/2022) sore. Api diketahui pada pukul 17.40 WIB yang diduga berasal dari Tunjungan Plaza 5. 

Api sempat membesar pada salah satu titik di mal tersebut. Beruntung, petugas pemadam kebakaran mampu memadamkan kobaran api tersebut. 

Baca juga: Saat Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar...

Hingga saat ini, pihak berwajib tengah menyelidiki penyebab kebakaran. Video kebakaran Tunjungan Plaza sempat viral di media sosial.

Maklum saja, sebab Tunjungan Plaza merupakan salah satu mal terbesar di Surabaya.

Tak hanya sebagai pusat perbelanjaan, mal yang berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rachmat No.8-12, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya merupakan salah satu tempat nongkrong favorit arek-arek Surabaya. 

Berikut fakta-fakta tentang Tunjungan Plaza yang perlu kamu ketahui.

  • Sejarah Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza mulai dibangun pada awal 1985, seperti dikutip dari Kompas.com (14/04/2022). Pusat perbelanjaan ini didirikan oleh perusahaan properti ternama di Indonesia, PT Pakuwon Jati Tbk. 

Arsitek bangunan Tunjungan Plaza adalah PT Parama Consultant Jakarta yang bekerja sama dengan Peddle Throp & Walker, Australia, Singapura, Hong Kong, Inggris dan Amerika Serikat (AS). 

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris di Sekitar Tunjungan Plaza Surabaya

Proyek pembangunan Tunjungan Plaza dikerjakan oleh PT Kardi General Contractors Internasional. Pembangunannya memakan waktu selama 1,5 tahun dengan melibatkan 1.900 orang pekerja. 

Pembangunan Tunjungan Plaza ini menelan biaya investasi sebesar Rp 30 miliar. Tunjungan Plaza resmi dibuka untuk umum pada 7 Mei 1986, sedangkan grand opening dilakukan pada 15 Desember 1986. 

Grand opening Tunjungan Plaza diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur saat itu, Wahono yang ditandai dengan penandatanganan batu prasasti. 

  • Mal terbesar kedua di Indonesia 

Pusat belanja Tunjungan Plaza, Surabaya.tunjungan plaza Pusat belanja Tunjungan Plaza, Surabaya.

Tunjungan Plaza diketahui merupakan mal terbesar kedua di Indonesia.

Hal ini berdasarkan total luas lantai yang disewakan atau nett leasable area (NLA) dari data Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), seperti dikutip dari Kompas.com (23/11/2020). 

Baca juga: 5 Hotel Dekat Tunjungan Plaza Surabaya, Harga Mulai Rp 200 Ribuan

Tunjungan Plaza tercatat memiliki luas NLA sebesar 170.000 meter persegi. Sementara, mal terbesar di Indonesia adalah Mal Pakuwon yang juga berada di Surabaya dengan luas NLA yakni 180.000 meter persegi. 

Berdasarkan informasi dari situs Tunjungan Plaza, mal ini berdiri di atas lahan seluas 175.000 meter persegi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com