Kompas.com - 14/04/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com – Bulan Ramadhan bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas seperti jelajah masjid bersejarah.

Bagi masyarakat Wonogiri dan sekitarnya, ternyata ada satu masjid bersejarah yang dibangun Wali Songo.

Masjid Tiban Wonokerso adalah namanya. Bahkan, masjid ini konon usianya lebih tua dibanding Masjid Agung Demak.

Baca juga: Masjid Agung Demak, Salah Satu Masjid Tertua yang Dibangun Wali Songo

Itu karena Masjid Tiban Wonokerso didirikan Wali Songo saat mencari kayu untuk membangun Masjid Agung Demak.

Menurut juru pelihara Masjid Tiban Wonokerso bernama Warto, dilansir dari Kompas.com, Rabu (13/4/2022), Wali Songo kemudian mendapat petunjuk dari Allah SWT untuk mencari kayu di Hutan Donoloyo.

Rute ke Masjid Tiban Wonokerso

Masjid Tiban Wonokerso tepatnya berada di Dukuh Wonokerso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dari pusat Kabupaten Wonogiri, jarak menuju Masjid Tiban Wonokerso adalah sekitar 35,7 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Menuju Masjid Tiban Wonokerso pun tidaklah sulit karena lokasinya yang tidak jauh dari jalan utaram Wonogiri-Baturetno.

Dari Alun-alun Wonogiri, ambil arah menuju jalan utama Wonogiri-Ponorogo. Sesampainya di pertigaan lampu merah (Pertigaan Ngadirojo), belok kanan masuk jalan utama Wonogiri-Baturetno-Pacitan.

Baca juga: Daftar Bus Jakarta-Wonogiri, serta Harga dan Kelasnya untuk Mudik 2022

Lurus terus ikuti jalan utama sampai Kecamatan Nguntoronadi. Nantinya, ada satu pertigaan lagi. Belok kanan lewati Jembatan Karang Turi memasuki jalan Nguntoronadi-Baturetno.

Masjid Tiban Wonokerso di Baturetno, Wonogiri yang konon dibangun Wali Songo dan lebih tua dari Masjid Agung Demak.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Masjid Tiban Wonokerso di Baturetno, Wonogiri yang konon dibangun Wali Songo dan lebih tua dari Masjid Agung Demak.

Terus melaju sekitar 7,2 km atau kurang-lebih 15 menit, nantinya sebelum Puskesmas Baturetno 2 akan ada gang di kiri jalan. Gapura gang itu bertuliskan “Dsn Tekil Kulon & Wonokerso, Desa Sendangrejo”.

Selanjutnya, lurus terus ikuti jalan utama desa. Nantinya, Masjid Tiban Wonokerso ada di kiri jalan.

Pengunjung bisa naik bus dari Wonogiri. Naik bus jurusan Wonogiri-Baturetno dan turun di gang sebelum Puskesmas Baturetno II itu. Kemudian, jalan kaki sekitar 5 sampai 10 menit sampai di Masjid Tiban Wonokersko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.