Kompas.com - 14/04/2022, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Jika ingin menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan danau dan pegunungan, kamu bisa berkunjung ke Balong.

Tempat ngopi di Garut, Jawa Barat, ini menawarkan sejumlah hal menarik, cocok bagi siapapun yang ingin bersantai atau healing.

Kedai kopi yang baru dibuka pada Agustus 2021 ini mengusung konsep ruangan terbuka dengan latar pemandangan alam. Selain danau alami, pengunjung juga bisa menemukan Gunung Guntur.

"Kalau di Garut, kami konsep kafe outdoor (luar ruangan) pertama. Berangkat dari melihat kebutuhan healing di ruang terbuka, karena pandemi Covid-19 juga, jadi lebih tepat di outdoor karena risiko penularan lebih minim," terang pengelola Balong bernama Ega, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/4/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan, sesuai nama Balong atau "kolam" dalam bahasa Sunda, saat ini fokus utama dari Balong adalah tempat kuliner yang menyajikan sensasi unik karena makan dengan pemandangan tepi kolam atau danau.

"Sekarang ini selain kedai kopi, kami sudah ada beberapa glamping (glamour camping) yang lagi renovasi, satu (aktivitas) olahraga yaitu kayak, dan satu spot selfie," kata dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BALONG (@balongaja)

Soal menunya, pengunjung bisa menyicipi mulai dari makanan ringan, makanan berat, makanan penutup, hingga minuman dengan harga mulai dari Rp 18.000.

Adapun sajiannya merupakan khas Nusantara dan Western, mulai dari aneka olahan lokal seperti tahu, cireng, aci, nasi liwet, pisang bakar, sampai spaghetti dan sandwich.

Minuman yang disediakan juga beragam, di antaranya aneka jenis seduhan kopi, mojito, teh, dan yoghurt.

Selain itu, Balong juga menyediakan paket barbeku bagi pengunjung yang ingin memanggang bahan-bahan tertentu, dengan pilihan hidangan khas Korea. 

Baca juga: 7 Vila di Garut dengan Kolam Renang, Ada Air Panas dari Gunung Guntur

Dalam proses menambah fasilitas untuk melengkapi kawasan wisata 

Namun, ke depannya, pihak Balong berencana menjadikan kawasan tersebut sebagai wisata Leisure Park yang menggabungkan aktivitas menginap, olahraga, tempat foto-foto, dan kuliner.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.