Kompas.com - 15/04/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com – Hari Jumat (15/4/2022) adalah libur nasional. Pada hari itu umat Katolik dan Kristen tengah memperingati Jumat Agung.

Perlu diketahui bahwa Jumat Agung berbeda dengan Hari paskah, meski keduanya merupakan hari suci bagi umat Katolik dan Kristen.

Adapun Jumat Agung berlangsung pada Jumat (15/4/2022) dan Hari Paskah baru dirayakan pada Minggu (17/4/2022).

Baca juga: 13 Perayaan Paskah Unik di Berbagai Negara, Ada Lempar Pot dari Rumah

Lalu, apa itu Jumat Agung? Berikut penjelasan seputar Jumat Agung dilansir dari Kompas.com, Kamis (14/4/2022):

Apa itu Jumat Agung

Jumat Agung merupakan hari ketika Yesus Kristus wafat di kayu salib. Hukuman yang dijalani Yesus Kristus itu bukan karena kejahatan, tetapi untuk memikul dosa umat manusia.

Ilustrasi Paskah, ucapan selamat Paskah, berdoa.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi Paskah, ucapan selamat Paskah, berdoa.

“Jumat Agung disebut ‘agung’, sebab Yesus dijatuhi hukuman mati. Bukan karena ia jahat, melainkan karena kasih kepada manusia sampai sehabis-habisnya,” kata skup Agung Jakarta sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr. Ignatius Suharyo kepada Kompas.com, Kamis.

Kisah sengsara Yesus menurut Injil Yohanes juga akan dibacakan pada peringatan Jumat Agung.

Baca juga: Brasil Bangun Patung Yesus, Lebih Tinggi dari Rio de Janeiro

Menurut Romo Suharyo, kesengsaraan itu bukanlah kehinaan hukuman, melainkan keagungan Yesus yang rela mati bagi manusia yang berdosa.

Setelah Jumat Agung, barulah tiga hari kemudian atau pada Hari Minggu, tibalah peringatan Hari Paskah atau Kebangkitan Yesus Kristus.

Baca juga: Jumat Agung, 500 Umat Katolik Seluruh Indonesia Akan Ikut Prosesi Logu Senhor di Sikka NTT

Saat Paskah, umat Kristen biasa beribadah pada Minggu subuh. Sementara itu, umat Katolik sudah merayakan sejak malam paskah atau Sabtu malam yang disebut Sabtu Suci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.