Wisata Bukit Klangon Buka Lagi Usai Tutup Akibat Erupsi Gunung Merapi

Kompas.com - 15/04/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Tempat wisata yang berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari puncak Gunung Merapi sempat tutup sementara pada Kamis (10/3/2022).

Penutupan tersebut merupakan akibat peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi sehari sebelumnya.

Salah satu tempat wisata yang tutup adalah Bukit Klangon yang ada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Sempat Tutup Akibat Erupsi Merapi, Bunker Kaliadem dan Kinahrejo Buka Lagi

Adapun jarak wisata Bukit Klangon dari puncak Gunung Merapi adalah sekitar 4 sampai 5 km. Tempat wisata ini termasuk yang sering ditutup saat terjadi peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Wisata Bukit Klangon buka lagi

Meski sempat tutup sementara, wisata Bukit Klangon kini sudah buka lagi dan bisa dikunjungi wisatawan.

Meski begitu, wisata Bukit Klangon hanya bisa dikunjungi pada pagi sampai sore hari saja. Sebelumnya, wisatawan bisa camping.

Baca juga: Aktivitas Merapi Naik, Wisata The Lost World Castle Sleman Tetap Buka

“Sementara baru bisa dikunjungi pagi sampai sore sana,” kata pengelola wisata Bukit Klangon bernama Gunawan kepada Kompas.com, Jumat (15/4/2022).

Proses pengibaran bendera Merah Putih Raksasa di Wisata Klangon, Sleman pada 17 Agustus 2021.Dok. Klangon Proses pengibaran bendera Merah Putih Raksasa di Wisata Klangon, Sleman pada 17 Agustus 2021.

Ia melanjutkan, jam buka Bukit Klangon untuk saat ini adalah sejak pagi hari pukul 06.00 WIB sampai sore hari pukul 18.00 WIB.

“Untuk camping sementara masih tutup,” ujar Gunawan.

Sebelum buka lagi pada Hari Sabtu (9/4/2022), Bukit Klangon tutup sementara sejak Kamis (10/3/2022), dilansir dari Kompas.com, Minggu (13/3/2022).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

Penutupan itu sesuai Surat Edara (SE) Kepala Dinas Pariwisata No 360/248 tentang Peningkatan Aktivitas Gunungapi Merapi.

Saat berwisata di Klangon, pengunjung bisa menyaksikan dengan jelas dan dekat puncak Gunung Merapi yang mengeluarkan asap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.