Kompas.com - 15/04/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin naik kapal laut untuk perjalanan mudik 2022, bisa bebas dari tes antigen maupun tes PCR. Asalkan memenuhi sejumlah syarat, termasuk status vaksinasi Covid-19.

Persyaratan mudik naik kapal laut telah tertulis dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Pada Masa Pandemi COVID-19.

SE ini sendiri merujuk pada Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022.

Baca juga:

Sebagai informasi, SE Menteri Perhubungan Nomor 37 Tahun 2022 telah berlaku sejak 5 April 2022, sampai waktu yang ditentukan kemudian.

Oleh karena itu, agar perjalanan mudik menggunakan kapal laut berjalan dengan lancar dan nyaman, simak peraturan terbaru naik kapal saat mudik berikut ini.

Syarat terbaru naik kapal laut saat mudik 2022:

Ilustrasi mudik bersama keluargaSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik bersama keluarga

Berikut ini adalah beberapa syarat mudik naik kapal laut:

1. Calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes rapid antigen.

2. Calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR (3x24 jam) atau tes rapid antigen (1x24 jam).

3. Calon penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menyertakan hasil negatif RT-PCR (3x24 jam).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.