Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Penerbangan Terbaik untuk Penumpang yang Takut Naik Pesawat

Kompas.com - 16/04/2022, 22:04 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Naik pesawat bisa menjadi kegiatan yang menakutkan bagi beberapa orang. 

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (10/1/2021), ada sejumlah penyebab dari rasa takut akan terbang. Di antaranya pengalaman buruk ketika naik pesawat, kecemasan, dan turbulensi.

Konsultan Penerbangan Briscoe Group, Richard Gonzales, menjelaskan bahwa arti sederhana dari turbulensi adalah rough air, atau pergerakan udara yang tidak teratur dalam penerbangan.

Baca juga:

Adapun penyebab turbulensi juga bergantung terhadap sejumlah faktor, mulai dari suhu, arah tiupan angin, hingga ada sesuatu yang mengganggu aliran udara, dikutip dari Reader's Digest.

Bila kamu takut akan adanya turbulensi selama naik pesawat, kamu bisa mencoba memilih penerbangan pada waktu tertentu guna meminimalisasi turbulensi tersebut.

Baca juga: 9 Tips Atasi Cemas Saat Turbulensi Pesawat, Atur Napas dan Meditasi

Pilih penerbangan pagi jika takut naik pesawat

Pemandangan indah menjadi salah satu alasan mengapa banyak penumpang lebih suka kursi pesawat dekat jendela.SHUTTERSTOCK/SIPPAKORN Pemandangan indah menjadi salah satu alasan mengapa banyak penumpang lebih suka kursi pesawat dekat jendela.

Jika kamu takut naik pesawat, namun harus melakukannya, kamu dianjurkan memilih jadwal penerbangan pagi.

Hal ini lantaran udara berubah sepanjang hari, serta penerbangan bisa terasa lebih kasar pada sore hari akibat udara yang hangat. 

Selain itu, kemungkinan terjadinya badai petir akan lebih besar pada sore hari ketimbang pagi hari. 

"Jika Anda takut terbang, pesan penerbangan pagi hari. Pemanasan yang terjadi di darat kemudian bisa menyebabkan udara yang lebih tidak teratur (bumpy air)," kata seorang pilot, Jerry Johnson, dilansir dari The Sun.

Baca juga:

Seorang pilot lain bernama Harrison Murray menganjurkan penumpang yang takut terbang untuk memilih tempat duduk di dekat lorong. Sehingga, bila rasa panik datang, mereka bisa lebih leluasa bergerak.

"Saya menyarankan mereka untuk membuat daftar. Tulislah apapun yang membuat Anda khawatir, cemas, atau takut, lalu coret semua hal yang tidak bisa Anda kendalikan - fokuslah pada apa yang Anda miliki," ujar Murray. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, hindari menonton video soal kecelakaan pesawat terbang.

Jika dibutuhkan, calon penumpang juga dianjurkan minta bantuan profesional.

Baca juga: 4 Cara Tidur Nyenyak di Pesawat Saat Penerbangan Panjang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com