Kompas.com - 17/04/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Selama periode Angkutan Lebaran, 25 April sampai 10 Mei 2022, seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura I diperkirakan akan melayani hingga 2,3 juta penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 19.579 pergerakan pesawat.

Jumlah penumpang ini diprediksi meningkat hingga 452 persen. Sedangkan untuk trafik penerbangan, dilaporkan meningkat hingga 232 persen dibandingkan realisasi Angkutan Lebaran tahun lalu.

Beberapa bandara dengan peningkatan trafik tertinggi selama periode Angkutan Lebaran 2022 dirediksi adalah Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Baca juga: Trafik Penumpang di Bandara AP II Naik hingga 65 Persen per Maret 2022

Lonjakan trafik diprediksi akan terjadi pada puncak arus mudik dan arus balik, yakni 29 April dan 8 Mei 2022.

Maka, guna mengatasi lonjakan tersebut, PT Angkasa Pura I telah menyiapkan sejumlah Posko Angkutan Lebaran Terpadu di 15 bandara yang akan beroperasi selama 16 hari mulai tanggal 25 April hingga 10 Mei 2022.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo meluncurkan Calendar of Event 2022 di Kawasan Tugu Malioboro Bandara YIA, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran ekraf jadi awal berbagai kegiatan dan gelaran Calendar of Event 2022 Kulon Progo ini.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Pemerintah Kabupaten Kulon Progo meluncurkan Calendar of Event 2022 di Kawasan Tugu Malioboro Bandara YIA, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pameran ekraf jadi awal berbagai kegiatan dan gelaran Calendar of Event 2022 Kulon Progo ini.

"Kami juga telah menyiapkan jaringan CCTV yang terkoneksi dengan Center of Command di Kantor Pusat Angkasa Pura I - Jakarta serta layanan Contact Center 172,” kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam rilis yang Kompas.com terima, Sabtu (16/4/2022).

Faik menambahkan, layanan Contact Center 172 tersebut akan beroperasi selama 24 jam untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi terkait penerbangan dan persyaratan penerbangan pengguna jasa di masa pandemi Covid-19.

Syarat penerbangan dalam negeri terbaru

Secara umum persyaratan penerbangan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) sesuai SE No.36 Tahun 2022 yang berlaku berlaku sejak 5 April 2022, yaitu:

1. PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR, atau test antigen.

Baca juga: 9 Sentra Vaksinasi di Bandara AP I Jelang Mudik 2022, Cek Lokasinya

2. PPDN yang telah divaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif test antigen yang diambil 1X24 jam, atau hasil negatif tes RT-PCR yang diambil 3X24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

3. PPDN yang baru divaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang diambil 3X24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Sentra vaksinasi di bandara

Hingga 15 April 2022, sentra vaksinasi telah hadir di 10 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Baca juga: Pintu Masuk PPLN Ditambah, Jadi 10 Bandara

Selain itu, ada Bandara Internasional Lombok, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Frans Kaisiepo Biak, dan 5 bandara lainnya akan menyusul beroperasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.