Kompas.com - 18/04/2022, 15:24 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali mengadakan mudik gratis naik sepeda motor dengan kapal laut, dalam rangka Idul Fitri 2022.

Hal ini juga dilakukan guna mengalihkan kepadatan pemudik dengan sepeda motor, selain karena rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto, mengatakan, alasannya bukan hanya mengalihkan kepadatan jalan dan membantu menurunkan angka kecelakaan sepeda motor semata.

Mudik gratis naik sepeda motor dengan kapal laut ini juga sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut, serta dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya.

Baca juga: Cara Daftar Mudik Gratis 2022 Jasa Raharja, Kemenhub, Pemkot Tangerang, Kimia Farma

"Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi,” ujarnya, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (18/4/2022).

Perlu diketahui, pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis dibuka tanggal 18 April hingga 24 April 2022.

Adapun pendaftaran daring dapat diakses melalui situs web http://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan,” ungkap Capt Mugen.

Baca juga: Syarat Naik Kapal Laut Saat Mudik 2022, Bebas Antigen dan PCR

Fasilitas mudik gratis naik sepeda motor dengan kapal

KM.Dobonsolo yang tengah sandar di Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Senin (21/4/2020)KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI KM.Dobonsolo yang tengah sandar di Pelabuhan Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Senin (21/4/2020)

Kemenhub menyediakan dua armada kapal untuk mudik gratis ini, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan PT. Pelni.

Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1, atau kapal yang dapat mengangkut orang, barang, serta kendaraan.

Fasilitas di KM Dobonsolo mencakup sarana ibadah, salon makan, kafetaria, theatre atau hiburan, sarana permainan, dilengkapi lifeboat atau sekoci, rakit penolong, dan pelampung sesuai kapasitas, serta asuransi pelaksanaan mudik motor gratis.

“Kapasitas masing-masing kapal tersebut dapat mengangkut sekitar 1.250 unit motor dan 2.500 penumpang,” ujar Capt Mugen.

Baca juga: Panduan Daftar dan Syarat Mudik Gratis 2022 dari PT Pegadaian

Rute dan jadwal mudik gratis naik sepeda motor dengan kapal

Adapun rute untuk mudik gratis naik sepeda motor tahun ini adalah Jakarta – Semarang - Surabaya (arus mudik) dan sebaliknya, Surabaya - Semarang – Jakarta (arus balik).

Jadwal mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya dengan KM Dobonsolo yaitu Selasa (26/4/2022) pukul 13.00 WIB.

Sementara itu, jadwal mudik dengan KM Ciremai adalah pada Jumat (29/4/2022) pukul 22.00 WIB.

Kedua kapal laut dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kemudian, jadwal balik rute Surabaya – Semarang – Jakarta dengan KM Dobonsolo yaitu pada Rabu (11/5/2022) pukul 17.00 WIB. Sedangkan jadwal balik KM Ciremai adalah pada Senin (9/5/2022) pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Syarat Lengkap dan Cara Daftar Mudik Gratis Pelni 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.