Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Isi Space Perspective, Balon untuk Wisata Luar Angkasa Pada 2024

Kompas.com - 18/04/2022, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Euronews

KOMPAS.com - Tak lama lagi, wisatawan akan dapat melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa dengan balon raksasa.

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat (AS) bernama Space Perspective, yang berambisi membawa wisatawan ke luar angkasa dengan balon hidrogen besar, baru-baru ini memamerkan tampilan interior kabin miliknya.

Adapun perjalanan luar angkasa dengan nama Spaceship Neptune ini ditargetkan meluncur dari Kennedy Space Center di Florida, AS, mulai akhir tahun 2024.

Baca juga:

Seperti apa bagian dalam kabin balon luar angkasa?

Kabin balon luar angkasa Space Perspective memiliki jendela yang besar dan tinggi, kursi, dan pencahayaan redup bernuansa warna ungu. 

Warna dan suasana ini terlihat kontras jika dibandingkan dengan balon luar angkasa milik  salah satu perusahaan lain yang didominasi warna putih.

Kabin Space Perspective juga dilengkapi dengan fasilitas bar minuman serta WiFi.

Soal pemandangan, wisatawan akan dapat menyaksikan pemandangan luar angkasa 360 derajat dari jendela, bahkan dari dalam toilet.

Sejauh ini, lebih dari 600 tiket telah terjual. Masing-masing tiket dibanderol seharga 125.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,7 miliar.

Dengan biaya tersebut, balon luar angkasa dapat membawa delapan penumpang dan seorang pilot, pada ketinggian hingga 30 kilometer (km) di atas permukaan bumi.

Interior balon udara luar angkasa dari Space PerspectiveDok. Space Perspective Interior balon udara luar angkasa dari Space Perspective

Dari segi ketinggian, balon ini jauh lebih rendah daripada perusahaan pariwisata luar angkasa lainnya, yaitu Virgin Galactic yang setinggi 80 km dan Blue Origin 100 km.

Meski terbilang lebih rendah, ketinggian balon udara Space Perspective ini masih jauh lebih tinggi daripada rata-rata pesawat komersial yang terbang di ketinggian sekitar 10 km.

"Penumpang akan naik di atas 99 persen atmosfer," kata salah satu pendiri Space Perspective bernama Jane Poynter, dilansir dari Euronews, Senin (18/4/2022).

"Kami ingin menemukan cara untuk benar-benar mengubah cara orang berpikir tentang perjalanan ruang angkasa," lanjut Poynter.

Baca juga:

Menurutnya, balon ini memungkinkan pihak perusahaan untuk membawa orang bepergian ke luar angkasa dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan. 

Nanti, kata dia, sabuk pengaman hanya perlu dipasang selama 15 menit pertama dan beberapa menit terakhir.

Balon ini akan naik selama dua jam, tetap berada di puncak dengan durasi waktu yang sama, dan kemudian turun dalam dua jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com