Kompas.com - 18/04/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Bandar udara (bandara) menjadi infrastruktur penting bagi setiap negara agar bisa terhubung dengan wilayah atau negara lain. Namun, ada sejumlah negara di dunia yang tidak memiliki bandara. 

Jadi, akses ke negara ini hanya melalui darat yakni mobil atau kereta api. Penyebab negara ini tidak memiliki bandara adalah luas wilayahnya yang kecil serta diapit negara-negara lain. 

Berikut lima negara di dunia tak punya bandara, dikutip Kompas.com dari Euro News Travel. 

Baca juga:

1. San Marino

Ilustrasi San Marino.UNSPLASH/Matteo Panara Ilustrasi San Marino.

San Marino adalah negara terkecil kelima di dunia dan salah satu negara republik tertua di dunia. Negara ini terletak di lereng Gunung Titano, sebelah timur laut Italia. 

Titik terpanjang San Marino hanya 13 kilometer (km). Lokasi bersejarah di San Marino ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. 

Tanpa bandara, wisatawan dapat mengunjungi San Marino menggunakan kereta dari Roma, Italia. Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih lima jam. 

Alternatif lainnya adalah naik kapal, bus, atau kereta dari Pula, Kroasia, selama kurang lebih delapan jam.

Jika kamu mengunjungi San Marino, jangan lupa untuk melihat benteng tertua Rocca Guaita yang dibangun pada abad ke-11.

2. Liechtenstein

Liechtenstein negara terkecil keempat di Eropa yang tak punya bandaraPixabay/István Asztalos Liechtenstein negara terkecil keempat di Eropa yang tak punya bandara

Liechtenstein merupakan negara terkecil keempat di Eropa. Negara yang penduduknya berbahasa Jerman ini terletak di antara Austria dan Swiss di Pegunungan Alpen.

Liechtenstein adalah salah satu negara yang cocok bagi pelancong pencari ketenangan di daerah pegunungan.

Tanpa bandara, wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan kereta api. Jika berangkat dari Berlin, Jerman, maka membutuhkan waktu kurang dari 10 jam. 

Sedangkan, perjalanan dari Wina, Austria, hanya membutuhkan waktu tujuh jam tanpa berganti kereta.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.