Kompas.com - 18/04/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Nama Greenwich Mean Time (GMT) mungkin terdengar tidak asing bagi sebagian orang.

Greenwich Mean Time adalah sistem pengaturan perbedaan waktu di negara-negara di dunia menurut letak geografisnya. 

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (30/9/2021), GMT merupakan rujukan waktu internasional yang mengacu pada jam matahari di Greenwich, Inggris, yang digunakan sejak tahun 1884 hingga 1972. 

Baca juga: 5 Tempat Populer di London, Wajib Mampir Saat Liburan ke Inggris

Sejak tahun 1972, penggunaan GMT digantikan oleh Universal Time Coordinated (UTC) lantaran patokan waktu sudah menggunakan jam atom yang disinkronkan dengan jam matahari. 

Saat ini GMT masih menjadi waktu resmi di Inggris pada musim dingin, serta digunakan oleh Met Office (layanan prakiraan cuaca di Inggris), angkatan laut kerajaan, dan BBC World Service.

Baca juga: Keren! Ini Dia Penampakan Baru Big Ben di London

Royal Observatory Greenwich di Greenwich, London. Di tempat ini ada sepasang lempeng baja yang menjadi lambang garis meridian yang secara imajiner membagi dunia menjadi bujur barat dan timur.KOMPAS.com/Caroline Damanik Royal Observatory Greenwich di Greenwich, London. Di tempat ini ada sepasang lempeng baja yang menjadi lambang garis meridian yang secara imajiner membagi dunia menjadi bujur barat dan timur.

Adapun jam yang menunjukkan GMT ke masyarakat umum untuk pertama kalinya adalah Shepherd Gate Clock. Letaknya di gerbang Royal Observatory di Kota Greenwich. 

Jam tersebut terhubung ke Shepherd Master Clock yang dipasang di Royal Observatory pada tahun 1852. 

Hingga tahun 1893, Shepherd Master Clock pernah menjadi jantung dari sistem waktu di Inggris. Pada saat itu, penunjukkan waktunya dikirim melalui telegraf ke sejumlah daerah, di antaranya London, Edinburgh, Glasgow, Dublin, dan Belfast. 

Jam ini juga cukup unik karena angka-angkanya tidak terdiri dari 12 saja seperti jam pada umumnya, melainkan hingga 24.

Baca juga: Mau Liburan ke Inggris, Kini Harus Ajukan Visa Lebih Awal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.