Kompas.com - 18/04/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Jika Taj Mahal India dibangun atas dasar cinta sang raja terhadap istrinya, maka Masjid Ramlie Musofa berdiri sebagai lambang cinta umat Islam kepada Allah SWT.

Berada di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara, masjid bernuansa putih gading ini memiliki kubah yang menjulang tinggi bak replika Taj Mahal di India.

Pendirinya bernama Haji Ramli Rasidin adalah seorang mualaf beretnis Tionghoa. Nama masjid ini diambil dari inisial pendiri dan keluarga lainnya, yakni Ramli, istrinya Lie, dan anak-anaknya, yaitu Muhammad, Sofian, dan Fabian (Ramlie Musofa).

Baca juga: Masjid Bersejarah di Wonogiri, Lebih Tua dari Masjid Agung Demak

Nuansa China bisa dilihat dari beberapa tulisan tiga bahasa, yakni Mandarin, Indonesia, dan Arab yang menghias sejumlah titik, termasuk halaman depan masjid sebelum naik ke lantai atas.

Dulu, sebelum dibuka untuk masyarakat umum, masjid hanya digunakan oleh keluarga Haji Ramli saja untuk beribadah.

Bagian dalam masjid Ramlie Musofa

Saat menapaki ubin yang hitam legam, berjalanlah di sisi kanan dan kiri tangga yang sudah dilapisi karpet karet.

Sebab, teriknya cuaca akan terpantul dari keramik yang bisa menyebabkan telapak kaki terasa sedikit perih.

Bedug di luar masjid Ramlie Musofa.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMALUNGSONG Bedug di luar masjid Ramlie Musofa.

Sampai di atas, pengunjung akan disambut dengan sejuknya hawa masjid, berbanding terbalik dengan panasnya langit Jakarta Utara saat itu.

Sebelumnya, di sisi luar tampak sepasang pentungan dan bedug berlapis kulit warna coklat tua yang akan dibunyikan saat azan berkumandang.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Mudik Lebaran Gratis Pemkot DKI Jakarta 2022

Menariknya, untuk menjaga toleransi dengan lingkungan sekitar, masjid yang diresmikan pada tahun 2016 ini hanya memasang pengeras suara pada bagian dalam saja, sehingga suara azan tidak terdengar hingga keluar masjid.

Waduk Sunter dari lantai dua masjid Ramlie Musofa.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMALUNGSONG Waduk Sunter dari lantai dua masjid Ramlie Musofa.

Naik ke lantai dua, pengunjung bisa melihat bentangan Waduk Sunter hingga ke seberang, dengan angin sepoi-sepoi yang menyapa.

Bagaimana, tertarik ngabuburit di tempat ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.