Kompas.com - 19/04/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Setelah sekitar dua tahun ibadah di Masjidil Haram, Arab Saudi, dibatasi, kini masjid suci umat Islam tersebut kembali ramai.

Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal dekat dengan Masjidil Haram menggambarkan suasana tempat ibadah tersebut pada Ramadhan 2022 ini, yang bertepatan dengan 1431 Hijriah. 

Ivan Chadafi, seorang guru di Sekolah Indonesia Mekkah (SIM) mengatakan, suasana di Masjidil Haram tampak sudah kembali normal. Umat Islam dari berbagai penjuru dunia yang sudah merindukan ibadah di Tanah Suci, menyambut pelonggaran aturan ibadah di Masjidil Haram dengan sukacita. 

“Alhamdulillah 2022 ini, masya Allah semuanya normal kembali seperti biasa, makanya ramainya luar biasa. Selama dua tahun Masjidil Haram ditutup, sekarang semuanya datang karena sudah rindu dengan Kabah,” ujar Ivan, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/4/2022). 

Baca juga:

Makkah, Arab SaudiDok. VISITSAUDI.com Makkah, Arab Saudi

Ivan yang sudah tinggal di Mekkah selama 12 tahun ini menyaksikan sendiri perbedaan suasana Masjidil Haram sebelum dan selama pandemi Covid-19. Ia menjelaskan, suasana Masjidil Haram saat Ramadhan bahkan lebih ramai dibandingkan ketika ibadah haji. 

Hal ini karena umat Islam meyakini, melaksanakan ibadah umrah saat Ramadhan, sama seperti umrah bersama Nabi Muhammad SAW. Tak hanya umrah, para muslim dapat melakukan ibadah lainnya di Masjidil Haram seperti salat tarawih, iktikaf, berdoa, dan tawaf. 

Namun, ibadah di luar umrah tersebut tidak bisa dilakukan di area bawah tempat Kabah berada. Lantai tersebut dikhususkan bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah umrah. 

Tak heran, Ivan yang bertempat tinggal sekitar lima kilometer dari Masjidil Haram atau sekitar 30 menit berjalan kaki, bisa menyaksikan langsung keramaian di Masjidil Haram.  

“Luar biasa ramai sekali Masjidil Haram, sangat full (penuh), sampai mungkin dua sampai tiga kilometer dari Masjidil Haram isinya manusia semua,” imbuhnya. 

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.