Kompas.com - 20/04/2022, 09:04 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia. UNSPLASH/Fasyah HalimIlustrasi Garuda Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia Group melalui layanan penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink akan menyediakan sedikitnya 855.119 kursi penerbangan rute domestik maupun internasional untuk periode peak season Lebaran 2022.

Optimalisasi kapasitas penerbangan ini akan dilaksanakan di sejumlah rute penerbangan dengan permintaan yang tinggi, termasuk Jakarta – Denpasar, Jakarta – Surabaya, Jakarta-Medan, dan Jakarta – Jogja.

Lalu, Jakarta – Padang, Jakarta – Pontianak, Jakarta – Solo, Jakarta-Banjarmasin, Jakarta – Semarang, dan Jakarta-Balikpapan.

"Kami memproyeksikan terdapat peningkatan trafik penumpang sebesar 35 persen pada periode peak season Lebaran mendatang," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan pers yang Kompas.com terima, Selasa (19/4/2022).

Baca juga: 40 Juta Orang Diprediksi Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik 2022

Selama periode tersebut, Garuda Indonesia akan menyediakan sekitar 288.219 kursi yang akan dioperasikan menggunakan pesawat tipe A330-300 dan A330-200, serta pesawat narrow body B737-800 NG.

Sementara Citilink, dikabarkan telah menyiapkan hingga 566.900 kursi yang akan dilayani menggunakan armada A320-200 dan ATR72-600.

Irfan menyebutkan, potensi peningkatan ini akan terus bergerak dinamis sejalan dengan permintaan masyarakat untuk kembali melaksanakan perjalanan mudik.

Maka dari itu, pihaknya memastikan akan terus memantau situasi dan perkembangan kebutuhan penerbangan untuk memastikan layanan penerbangan dapat senantiasa terpenuhi.

"Kami juga secara intensif berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan kelacaran arus mudik dan arus balik selama periode Lebaran tahun ini, " jelas Irfan.

Baca juga:

 

Ia berharap, di tengah berbagai relaksasi kebijakan mobilitas masyarakat di era kenormalan baru ini, momentum mudik dapat disikapi dengan bijak oleh seluruh masyarakat, untuk senantiasa konsisten menerapkan protokol kesehatan pada aktivitas kesehariannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.