Kompas.com - 21/04/2022, 09:13 WIB

NDOSO,KOMPAS.com - Golo Pongkor memiliki panorama alam yang eksotis, namun masih sangat tersembunyi dari kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

Destinasi di Kampung Raja, Kecamatan Ndoso ini terletak di bagian utara Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya yang cukup jauh membuat Golo Pongkor butuh promosi yang lebih gencar agar keindahannya dikenal luas.

Baca juga: Kampung Sikka NTT Diharapkan Jadi Pilihan Destinasi Wisata Rohani

Adapun golo berarti bukit, sementara pongkor artinya bebatuan yang keras. Sehingga, Golo Pongkor dapat diartikan sebagai bukit bebatuan.

Medan dan akses Golo Pongkor yang menantang tak menyurutkan niat Pastor Beny Denar untuk menjelajahinya bersama sejumlah warga.

Setelah perayaan Jumat Agung, Beny menjelaskan, seorang guru mengajaknya pergi ke Golo Pongkor.

Nama itu cukup asing baginya. Tapi, guru tersebut menyakinkan Beny untuk pergi ke obyek wisata di Ndoso yang belakangan mulai dikenal tersebut.

Ia pun memutuskan pergi untuk melihat matahari terbit atau sunrise.

"Mendengar itu saya langsung menyetujui tawaran tersebut. Sang guru meminta saya untuk bangun cepat, sebab untuk mendapatkan pemandangan istimewa di Golo Pongkor, orang menikmatinya pagi hari sebelum matahari terbit atau tepat setelah hujan berhenti," ujarnya.

Baca juga:

Pada hari Sabtu, mereka berangkat dari Rewas pukul 05.00 dan tiba di Golo Pongkor sekitar 45 menit kemudian.

Sebenarnya, jarak antara Rewas dengan Raja tidak terlalu jauh. Namun, jalanan yang buruk membuat waktu tempuhnya menjadi cukup lama. Apalagi jika pergi saat hujan, kendaraan akan kesulitan atau bahkan tidak bisa melewatinya.

Golo Pongkor atau Bukit Pongkor, Kampung Raja, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu, (16/4/2022) menjadi tempat untuk berburu sunrise di bumi Ndoso. ini spot terbaik untuk berwisata melihat keindahan alam.DOK PASTOR BENY DENAR, Pr Golo Pongkor atau Bukit Pongkor, Kampung Raja, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu, (16/4/2022) menjadi tempat untuk berburu sunrise di bumi Ndoso. ini spot terbaik untuk berwisata melihat keindahan alam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.