Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Siapkan 16 Acara dalam Calendar of Event Danau Toba 2022

Kompas.com - 21/04/2022, 15:04 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan 16 event (acara) unggulan dalam Calendar of Event (CoE) Danau Toba 2022 pada Selasa (19/4/2022), guna mempromosikan destinasi super prioritas di Sumatera Utara ini. 

16 acara tersebut merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten dan komunitas di kawasan Danau Toba, serta kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dilansir dari keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (21/4/2022), dari 16 acara itu, ada tiga acara dari Kharisma Event Nusantara (KEN), 10 acara regional dan nasional, serta enam acara berpotensi skala internasional.

Baca juga:

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi Kemenparekraf pada Sabtu (10/4/2021), KEN merupakan salah satu program pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Adapun dari sejumlah acara yang disebutkan sebelumnya, terdapat kolaborasi acara dari delapan kabupaten di Kawasan Danau Toba, lima acara budaya, empat acara sport tourism (wisata olahraga), tiga acara musik, dua exhibition (pameran), dan dua acara MICE (meeting, incentive, convention, exhibition).

Baca juga: 5 Wisata di Parapat, Kota yang Indah di Tepi Danau Toba

Air Terjun Situmurun, Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.SHUTTERSTOCK/WIKA PAPUA Air Terjun Situmurun, Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernardo Panjaitan, mengatakan, pihaknya bersyukur bahwa lima acara dari provinsi tersebut masuk dalam 110 kalender KEN. 

“Kami juga bersyukur bahwa lima event dari Provinsi Sumatera Utara dapat masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara, dengan tiga event di antaranya dari Kawasan Danau Toba, yaitu Festival Bunga dan Buah, serta Karo Music Camp di Kabupaten Karo, serta Toba Caldera World Music Festival di Kabupaten Toba," kata Jimmy. 

"Hal ini akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang akan berlibur di Danau Toba. Tujuan memperbanyak event di Danau Toba diharapkan untuk menciptakan lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi di Kawasan Danau Toba,” tambahnya. 

Baca juga:

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau agar masyarakat dan stakeholder (pemangku kepentingan) kepariwisataan di kawasan tersebut untuk berkolaborasi.

“Sejalan dengan ini saya berharap akan dilakukan langkah-langkah strategis untuk pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dibuka secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan,” ujar Sandiaga. 

Baca juga: 7 Spot Menarik untuk Menikmati Keindahan Danau Toba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com