Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: 85 Persen Orang Berencana Bepergian dalam 6 Bulan ke Depan

Kompas.com - 22/04/2022, 06:18 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pandemi yang semakin membaik dan tingkat vaksinasi tinggi menaikkan tren pariwisata di tengah masyarakat. Setelah dua tahun, banyak traveler mulai merencanakan perjalanan mereka.

Dalam survei yang dilakukan PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk pada Desember 2021 terhadap sekitar 400 responden, ditemukan sebanyak 85 persen traveler diketahui telah merencanakan perjalanan dalam enam bulan ke depan.

Baca juga:

Hal ini disampaikan oleh Chief Technical Officer Zurich Asuransi Indonesia, dalam sesi webinar bertajuk "Tren Jalan-Jalan Naik Lagi, Zurich Siapkan Asuransi Perjalanan Ekstra Lengkap", Kamis (21/04/2022).

"Dari sekian banyak responden yang kami hubungi, 85 persen berencana melakukan perjalanan dalam enam bulan mendatang," ujar Rismauli yang akrab disapa Uli.

Survei tersebut juga mengungkapkan preferensi atau pilihan destinasi wisata yang ingin dikunjungi responden. Mayoritas dari mereka memilih wisata domestik atau dalam negeri.

"Dari responden yang mau jalan-jalan, 90 persen merencanakan perjalanan domestik. Karena kita di Indonesia tidak kekurangan tempat untuk dikunjungi, ke gunung, laut, atau budaya kita punya lengkap sekali," ia menambahkan.

Menurutnya, pemerintah daerah juga sudah semakin giat membangun tempat-tempat wisata di daerah masing-masing, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler untuk berwisata di tanah air.

Baca juga:

Tren pariwisata meningkat di tahun 2022

Uli juga menyampaikan kecenderungan tren pariwisata yang meningkat di tahun ini.

Ia menyebutkan, berdasarkan survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maret 2022, sebanyak hampir 75 juta orang diprediksi akan mudik lebaran tahun ini, atau sekitar 170 persen dibandingkan tahun 2021.

Baca juga: 4 Tren Berwisata yang Berubah karena Pandemi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com