Kompas.com - 22/04/2022, 11:35 WIB
Ilustrasi Mudik KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi Mudik

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menawarkan program mudik gratis bertajuk “Mudik Bareng Gratis 2022”. Program ini akan dilaksanakan pada 28 April 2022, dengan rute yang disediakan adalah 16 daerah kabupaten kota di Jawa Timur.

Mengutip laman resmi Dinas Perhubungan Jawa Timur, Jumat (22/04/2022), beberapa rute yang tersedia di antaranya Surabaya - Tulungagung, Surabaya - Trenggalek, Surabaya - Magetan, Surabaya - Madiun, Surabaya - Ngawi, Surabaya - Ponorogo, Surabaya - Pacitan, dan Surabaya - Jember. 

Lalu Surabaya - Banyuwangi (Via Jember), Surabaya - Banyuwangi (Via Situbondo), Surabaya - Tuban, Surabaya - Sumenep, Surabaya - Bojonegoro, Surabaya - Bondowoso, Surabaya - Blitar (Via Malang), serta Surabaya - Nganjuk.

Baca juga: 40 Juta Orang Diprediksi Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik 2022

Untuk diketahui, pendaftaran mudik gratis 2022 dari Pemprov Jatim dibuka secara online pada 21 April - 24 April 2022 melalui laman khusus mudik gratis di situs Dishub Jatim.

Syarat utamanya selain mengisi data-data adalah calon pemudik telah mendapatkan vaksin booster.

Setelah mendaftar secara online, calon pemudik tetap harus melakukan verifikasi pendaftaran dan mencetak tiket mudik pada 22 April-27 April 2022 di Kantor Dishub Provinsi Jatim Jalan Ahmad Yani No. 268, Surabaya.

Sementara, bagi calon pemudik yang ingin mendaftar langsung via operator, dapat mendatangi Kantor Dishub Prov. Jatim Jalan Ahmad Yani No. 268 di Surabaya. Periodenya adalah mulai 22 April 2022 sampai tiket habis, selama jam kerja 08.00 - 16.00 WIB.

Baca juga: Syarat dan Jadwal Mudik Gratis Naik Sepeda Motor dengan Kapal Laut

Syarat dan ketentuan mudik gratis Pemprov Jatim 2022

1. Calon pemudik yang berhak mengikuti program mudik gratis adalah yang telah mendaftar serta memiliki atau mencetak tiket.

2. Calon pemudik yang berhak mengikuti program mudik gratis adalah yang telah melakukan vaksin ketiga atau booster (wajib).

3. Calon pemudik yang telah mendaftar secara online wajib melakukan verifikasi data di Kantor Dishub Provinsi Jatim. Apabila calon pemudik tidak melakukan verifikasi dan cetak tiket pada waktu yang ditentukan maka pendaftaran otomatis dianggap batal.

4. Calon pemudik (telah memiliki tiket) yang membatalkan pemberangkatan harus melakukan konfirmasi pembatalan. Apabila tidak melakukan konfirmasi maka akan di-blacklist pada pendaftaran tahun berikutnya..

Baca juga: Cara Daftar dan Syarat Mudik Gratis 2022 dari Kemenhub

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.