Kompas.com - 23/04/2022, 09:09 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Wisata Goa Batu Cermin di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, masih tutup.

Padahal, pembangunan sarana dan prasarana oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah rampung pada akhir 2021.

Pada Kamis (22/4/2022), Kompas.com mengunjungi tempat wisata itu. Pintu gerbang masuk ditutup rapat. Tempat itu tampak sepi. Tak ada aktivitas apa pun di dalam kawasan tersebut.

Baca juga: Berburu Spot Foto “Instagramble” di Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Warga Labuan Bajo pun bertanya-tanya. Mengapa Wisata Goa Batu Cermin itu belum dibuka lagi bagi publik.

"Kalau pembangunan sarana prasarana di spot wisata Batu Cermin itu sudah selesai, mengapa tidak segera diserahkan ke Pemda Manggarai Barat, sehingga bisa dimanfaatkan publik. Ada apa ini?" kata seorang warga bernama Yos Nggarang kepada Kompas.com, Kamis.

Ia pun meminta pemerintah pusat melalui kementerian terkait agar segera menyerahkan wisata itu ke Pemda Manggarai Barat.

Sebab, spot itu merupakan wisata alam andalan Labuan Bajo. Apalagi sejak pandemi Covid-19 mereda, wisatawan banyak ke Labuan Bajo.

"Ini kan spot wisata favorit wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara. Apa jadinya kalau wisatawan datang, ternyata tempat ini masih tutup? Sangat disayangkan tempat ini lama mubazir. Ini kan sudah April 2022," tutur dia.

Baca juga: Asal Usul Nama Goa Batu Cermin yang Dikunjungi Jokowi

Dia juga mengingatkan kepada Pemda Manggarai Barat agar hati-hati menerima sarana dan prasarana wisata tersebut.

"Pastikan bahwa pengerjaannya berkualitas. Jangan sampai nanti, hasil kerjanya tidak bagus, akhirnya Pemda dan masyarakat Manggarai yang harus dirugikan," ujarnya.

Belum diserahkan ke Pemda Manggarai Barat

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Pius Baut mengatakan, wisata Goa Batu Cermin itu belum diserahterimakan kepada Pemda Manggarai Barat.

Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat  (28/01/2022).Dokumen Kemenparekraf Foto : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengunjungi serta menjelajahi salah satu destinasi wisata dalam kota yang rencananya akan menjadi salah satu tempat berlangsungnya rapat side event G20 yaitu Gua Batu Cermin, pada Jumat (28/01/2022).

"Sampai sekarang belum diserahkan ke Pemda. Makanya belum dibuka bagi bagi wisatawan," kata Pius saat dikonfirmasi, Kamis.

Baca juga: Goa Batu Cermin di Labuan Bajo Akan Jadi Tempat Side Event G20

Ia juga mengaku belum mengetahui penyebab sarana dan prasarana wisata tersebut belum diserahkan ke Pemda Manggarai Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.