Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Nasi Goreng Nasional, Datangi Festival di Salatiga Ini

Kompas.com - 23/04/2022, 13:01 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

SALATIGA, KOMPAS.com - Anda penggemar nasi goreng? Masakan berbahan utama nasi ini memang digemari karena cara memasaknya yang sederhana, bumbu yang simpel, tapi tetap lezat dinikmati.

Tak hanya pagi hari, nasi goreng juga cocok disantap saat malam hari ditemani kerupuk yang renyah. Namun, tahukah jika setiap 22 April diperingati sebagai Hari Nasi Goreng Nasional

Untuk memeringati Hari Nasi Goreng tersebut, De Tower Resto yang berada di Jalan Yos Sudarso nomor 14 Salatiga mengadakan Festival Nasi Goreng selama minggu ketiga dan keempat April 2022.

Baca juga: Tapak Hapsari Kota Salatiga, Tempat Wisata Baru yang Asyik untuk Nyore

Aneka nasi goreng disiapkan untuk memanjangkan pengunjung. Owner De Tower Yosua Rendith alias Yongki mengatakan pengunjung bisa memilih menu aneka varian menu nasi goreng. Mulai dari nasi goreng lombok ijo, sapi, ayam, seafood, dan sosis.

"Harganya cukup terjangkau, cukup Rp 25.000 bisa milih dan menikmati sepuasnya," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Yongki mengatakan, pengunjung juga bisa menikmati live cooking dari koki dalam festival tersebut.

"Kebetulan chef kami ini berpengalaman di Amerika masak dengan menggunakan teppanyaki. Jadi ini perpaduan yang menarik dan unik karena ada akulturasi antara pengalaman, alat masak, dan hasil masakan yang lezat, tapi familier untuk lidah warga Indonesia," ujar dia.

Baca juga: Resmi, Gumuk Sidul Menul-menul Jadi Tempat Wisata Alam Baru Salatiga

Para koki tidak hanya sekadar memasak. Dengan keahlian yang dimiliki, mereka bisa menjadi hiburan tersendiri karena cara memasaknya bisa dilihat langsung, sekaligus jadi sarana belajar.

Chef De Tower Resto memasak di Festival Nasi Goreng untuk memeringati Hari Nasi Goreng NasionalKOMPAS.com/Dian Ade Permana Chef De Tower Resto memasak di Festival Nasi Goreng untuk memeringati Hari Nasi Goreng Nasional

Yongki mengatakan, Festival Nasi Goreng ini juga bertujuan mendukung program Pemerintah Kota Salatiga yang mencanangkan Salatiga sebagai Kota Gastronomi.

"Salatiga ini terkenal sebaga kota nasi goreng karena di setiap sudut kota ada penjual nasi goreng dengan berbagai karakter masakan yang menjadi ciri khasnya," jelasnya.

Baca juga: 7 Wisata Salatiga, Ada Tempat Liburan dengan Pemandangan Alam

Sementara itu, salah satu pengunjung De Tower Leonard mengaku tidak mengetahui jika ada Hari Nasi Goreng.

"Ya bagus juga ada Hari Nasi Goreng yang diperingati dengan festival ini, jadi bisa merasakan berbagai nasi goreng yang dimasak," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com